Efek bokeh : Menguasai Blur Background

Baik Anda seorang pemula dalam fotografi atau kamera DSLR pertama dan ingin maju dalam fotografi, artikel ini cocok untuk Anda! Anda pasti menemukan beberapa gambar bagus dengan latar belakang buram yang indah, bukan? Ini juga dikenal sebagai bokeh, kata dalam bahasa Jepang untuk latar belakang yang kabur. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tentang kedalaman lapangan.

Tujuan utama teknik fotografi ini adalah untuk menonjolkan subjek dengan membuatnya menonjol dalam foto karena keburaman artistiknya. Ingin tahu bagaimana cara mencuci ini? Bagaimana cara memisahkan topik dari latar belakang? Parameter apa yang perlu Anda ketahui tentang kamera untuk menciptakan latar belakang buram yang indah? Tahukah Anda bahwa Anda dapat memengaruhi area yang buram ini serta rona, warna, dan cahaya? Saya akan mengungkapkan tip fotografi ini dalam artikel ini.

Efek Bokeh atau blur latar belakang: berbagai definisi

Sebelum menjelaskan cara membuat bokeh yang bagus secara teknis, berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

Seperti yang dijelaskan dalam pendahuluan, bokeh biasanya mengacu pada area gambar buram yang sering kali terletak di latar belakang. Saya biasanya mengatakan ini karena beberapa bidikan dengan sengaja dapat menghasilkan bokeh yang bagus di latar depan. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kualitas opasitas secara akurat. Anda akan tahu bahwa kesuraman itu kabur, bukan? Tidak, tidak semudah itu.

Kualitas bokeh bergantung pada beberapa hal, termasuk kualitas lensa yang Anda gunakan. Setiap lensa memiliki bilah kecil yang membentuk membran lensa. Secara khusus, pisau ini membuka dan menutup sesuai dengan bukaan yang Anda pilih saat mengambil gambar.

Bukan kebetulan bahwa produsen lensa sering kali menekankan pada jumlah bilah lensa. Secara umum, semua orang setuju bahwa semakin banyak bilah lensa, semakin baik bokehnya. Misalnya, jika Anda membandingkan Canon 50mm, 50mm f / 1.8 memiliki 5 bilah, sedangkan 50mm f / 1.4 memiliki 8 bilah. Faktanya, harganya hampir tiga kali lipat.

Baca juga: