Apakah Keripik Pisang Sehat?

Keripik pisang kering, irisan pisang goreng semakin populer sebagai camilan. Mereka biasanya dilapisi dengan sirup manis atau rempah-rempah dan garam.

Meskipun pisang sendiri sangat bergizi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apakah hal yang sama berlaku untuk keripik pisang.

Artikel ini menjelaskan jika keripik pisang itu sehat.

Gambar dari José Luis Castillo Borja / Offset

Nutrisi dalam keripik pisang

Tidak seperti pisang, keripik pisang sangat diproses. Biasanya digoreng dengan minyak dan dimasak dengan bahan seperti madu atau sirup yang banyak mengandung kalori, gula dan lemak.

Siapkan 1 cangkir (72 gram) keripik pisang (1):

  • Kalori: 374
  • Protein: 1,6 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Ayak: 5,5 gram
  • Gula: 25 gram
  • Total lemak: 24 gram
  • Lemak jenuh: 21 gram
  • Kalium: 8% dari nilai harian (DV)
  • Vitamin B6: 11% dari DV

Meskipun serat ini mengandung serat serta sangat sedikit vitamin dan mineral, manfaat ini dengan cepat diimbangi oleh kandungan lemak, kalori, dan gulanya. Selain itu, karena keripik pisang yang dikeringkan dan dimasak, rasanya sangat enak dan mudah untuk dimakan.

RINGKASAN
Keripik pisang dalam jumlah besar digoreng dengan minyak dan dimasukkan ke dalam sirup yang mengandung kalori, lemak dan gula.

Apakah ada manfaat keripik pisang?

Keripik pisang terkadang merupakan camilan sederhana.

Karena keripik pisang adalah sumber karbohidrat yang ringan, mudah dikemas, cepat berkalori dan sedang, keripik pisang adalah pilihan tepat jika Anda ingin mendaki, mendaki, atau mengisi bahan bakar setelah berolahraga.

Apalagi karena dehidrasi, umur simpannya lebih lama dibanding pisang segar. Anda juga tidak perlu khawatir dengan luka memar dan cedera, yang bermanfaat saat bepergian ke luar ruangan.

RINGKASAN
Keripik pisang itu mudah, mudah dikemas dan merupakan sumber energi yang cepat. Umurnya yang panjang membuatnya ideal untuk berkemah atau hiking.

BERITA KESEHATAN
Terima email kesehatan dua kali seminggu
Untuk mendorong olahraga dan makan yang baik, kami mengirimkan tip dan cerita kesehatan terbaik serta berita wajib.

Masukkan alamat email Anda
Melindungi informasi Anda penting bagi kami

Kelemahan keripik pisang

Keripik pisang memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Tinggi lemak

Keripik pisang biasanya digoreng dengan minyak agar renyah. Produsen biasanya menggunakan minyak kelapa atau bunga matahari, tapi bisa menggunakan minyak goreng apa saja.

Satu cangkir (72 gram) keripik pisang mengandung 24 gram lemak, 21 di antaranya adalah lemak jenuh. Pola makan tinggi lemak jenuh dari makanan olahan dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi seperti penyakit jantung (1, 2, 3, 4, 1).

Selain itu, keripik pisang berlemak tinggi menambah banyak kalori ekstra. Misalnya, keripik pisang yang sama mengandung lebih dari 250% kalori lebih banyak daripada pisang ukuran sedang (1, 5 sumber).

Tinggi gula

Beberapa keripik pisang dilapisi dengan sirup atau madu, yang secara signifikan meningkatkan kandungan gulanya.

Satu cangkir (72 gram) keripik pisang mengandung 25 gram gula, yang mengandung 10,5 gram gula tambahan, dibandingkan dengan 14,5 gram gula alami (1, 5 sumber) yang ditemukan pada pisang ukuran sedang (118 gram).

Baca juga: