Definisi Kemoterapi

Definisi KemoterapiDefinisi Kemoterapi

Kemoterapi adalah proses pengobatan dengan menggunakan obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel-sel Kanker. Banyak obat yang digunakan dalam Kemoterapi. Kemoterapi adalah upaya untuk membunuh sel-sel kanker dengan mengganggu fungsi reproduksi sel. Kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan jalan memberikan zat / obat yang mempunyai khasiat membunuh sel kanker. Kemoterapi bermanfaat untuk menurunkan ukuran kanker sebelum operasi, merusak semua sel-sel kanker yang tertinggal setelah operasi, dan mengobati beberapa macam kanker darah.

Stiller C. WHO ENHIS: incindence of childhood leukemis. Desember 2009.

Kemoterapi Merupakan bentuk pengobatan kanker dengan menggunakan obat sitostatika yaitu suatu zat-zat yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker.

(Tramer MR, Carroll D, Campbell FA, Reynolds DJ, Moore RA, McQuay HJ. ”Cannabinoids for control of chemotherapy induced nausea and vomiting: quantitative systematic review.”)

2.2.          Klasifikasi Tipe-Tipe Kemoterapi :

  1. a)Kemoterapi Induksi

Ditujukan untuk secepat mungkin mengecilkan massa tumor atau jumlah sel kanker, contoh pada tomur ganas yang berukuran besar (Bulky Mass Tumor) atau pada keganasan darah seperti leukemia atau limfoma, disebut juga dengan pengobatan penyelamatan.

 

RECENT POSTS