Ternyata Kura – Kura Dan Penyu Itu Berbeda

Ternyata Kura – Kura Dan Penyu Itu BerbedaTernyata Kura - Kura Dan Penyu Itu Berbeda

Kedua hewan ini kura – kura dan penyu memang terlihat sama, bahkan saya sebelumnya juga berfikir seperti itu namun ternyata kedua hewan ini termasuk hewan yang berbeda satu sama lain tidak seperti yang kita fikirkan. Kedua hewan ini memiliki beberapa perbedaan yang mungkin akan membuat anda sedikit terkejut.

Inilah beberapa perbedaan dari kura – kura dan penyu

Habitat Dari Kedua Hewan Tersebut
Perbedaan yang pertama adalah tempat tinggal atau habitatnya saja sudah berbeda. Untuk habitat dari penyu adalah murni dan sepenuhnya di laut, namun ketika akan bertelur penyu betina akan berenang di darat atau pinggir pantai untuk bertelur dan kemudian menguburnya di pasir pantai setelah itu ditinggalkannya telur – telur tersebut. Sedangkan untuk kura – kura habitat bisa hidup di darat dan di air tawar, saat bertelur kura – kura betina akan menjaganya selama 80 hari.

Bentuk Dari 4 Kaki – Kakinya
Perbedaan yang kedua adalah pada ke empat kaki – kakinya, kaki penyu tentunya seperti sirip karena mereka berenang di laut. Sedangkan untuk kura – kura mereka memiliki kuku – kuku untuk memudahkan berjalan di darat.

Pada Tempurung
Untuk tempurung penyu tidak bisa digunakan untuk menyembunyikan kepalanya karena tempurung pada penyu itu berbentuk datar tidak seperti pada kura – kura yang dapat memasukkan kepalanya untuk melindungi diri dari predator karena tempurung kura – kura memiliki rongga seperti gua dan tempurung tersebut sangat kuat.

Dari Segi Makanan
Dari habitatnya saja sudah berbeda dan tentunya jenis makanan juga berbeda, untuk kura – kura yang hidup di darat maka makanan yang dimakan adalah jenis sayuran dan buah – buahan bahkan serangga kecil. Untuk makanan penyu tentunya jenis ikan – ikan kecil dan ubur – ubur.

Umur Dari Kura – Kura Dan Penyu
Selain perbedaan dari ke empat diatas ternyata masa hidup atau umur dari penyu dan kura – kura juga berbeda. Untuk penyu sendiri memiliki maksimal umur antara 60 sampai 70 tahun, sedangkan kura – kura umurnya lebih lama yaitu bisa mencapai 80 sampai 150 tahun dan bahkan ada kura – kura yang pernah hidup atau umur dari kura – kura tersebut mencapai 183 tahun.

Dan itulah perbedaan dari kedua hewan kura – kura dan penyu, jadi jangan sampai salah sebut tentang kedua hewan tersebut dan semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: https://duniabudidaya.co.id/