Manfaat Wortel Bagi Tubuh

Manfaat Wortel Bagi TubuhManfaat Wortel Bagi Tubuh

Jika mengetahui beberapa manfaat wortel, pasti kita akan lebih menyukai sayuran yang satu ini. Wortel termasuk salah satu jenis sayuran yang sering kita jumpai di pasar, super market, dan sejenisnya. Manfaatnya tidak hanya dapat dirasakan oleh tubuh manusia, tapi juga hewan seperti kelinci.

Pentingnya mengetahui manfaat dari wortel untuk manusia karena tubuhnya membutuhkan sayuran dan buah-buahan dengan nilai kandungan gizi yang tinggi sehingga nutrisi tubuh dapat terpenuhi dengan lengkap.

Berkenalan Dengan Wortel

Wortel mempunyai nama latin dacus carota. Wortel termasuk tumbuhan biennial (memiliki siklus hidup 12 sampai dengan 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar sehingga dapat berbunga pada tahun kedua. Batang bunganya tumbuh setinggi sekitar satu meter. Warna bunganya putih.

Sayuran ini termasuk jenis umbi-umbian karena tumbuh di dalam tanah. Warnanya khas oranye atau jingga. Bagian dari wortel yang dapat dimakan yaitu bagian umbi atau akarnya. Wortel memiliki batang daun basah berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar) dan mirip dengan daun seledri.

Wortel digemari oleh anak-anak sampai dengan orang tua karena manfaat dari wortel mudah ditemukan. Wortel dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Olahan makanan tersebut biasanya memiliki rasa manis ataupun tekstur yang renyah.

Petani sayur mengembangkan kreasi dengan mengoptimalkan manfaat wortel, misalnya dijadikan tanaman pendamping. Hal tersebut akan membantu petani dalam menaikkan jumlah produksi tomat jika ditanam secara bersamaan. Selain itu, jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal. Aroma tersebut akan menarik lebah predator untuk datang dan membunuh hama kebun.

Wortel juga dikenal menjadi makanan khas kelinci. Kelinci pada dasarnya hidup di dalam tanah. Sarang kelinci dibangun dengan cara menggali dan melubangi tanah. Kelinci menyukai wortel karena kandungan airnya sangat besar sehingga kebutuhan tubuh kelinci akan air dapat terpenuhi.

Adapun beberapa kandungan gizi pada wortel antara lain vitamin A, beta-karoten, thiamine (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niacin (Vit. B3), vitamin B6, folat (Vit. B9), kalium, dan sodium. Beberapa kandungan gizi di dalam wortel tersebut mendukung manfaat wortel bagi tubuh.

Warna kuning atau oranye dari wortel menunjukkan adanya kandungan beta karoten di dalamnya. Namun, tubuh tetap membutuhkan manfaat sayur maupun buah yang lain sebagai penambah nilai gizi. Jadi, variasi makanan baik sayuran maupun buah-buahan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber: https://veragibbons.com/advan-rilis-smartphone-dengan-fitur-keamanan-ganda-g1-pro/