Faktor Penyebab Globalisasi

Faktor Penyebab Globalisasi

Faktor Penyebab Globalisasi
Dari pengertian globalisasi diatas, kita dapat mengetahui sudah dapat mengetahui apa penyebab terjadinya globalisasi. Yah, itu adalah kemajuan teknologi.

Kemajuan teknologi adalah sebab utama dari terjadinya globalisasi. Dibutuhkan pengantar agar terjadinya globalisasi yang sebelumnya kebudayaan, pengaruh dan pemikiran tersebut dibatasi oleh wilayah kehidupan sektoral. Kemajuan teknologi yang menjadi penyebab pertama globalisasi adalah teknologi transportasi. Setelah itu teknologi komunikasi.

Bukan hal yang sulit lagi pada zaman ini untuk mendapatkan kabar dan berita dari tempat yang jaraknya ribuan kilometer dari tempat kita berada dalam waktu yang sama. Semuanya seolah dengan mudahnya kita ketahui tanpa perlu melakukan usaha yang berat. Tidak seperti di zaman dulu, kabari di belahan dunia lain yang sudah terjadi sebulan yang lalu baru akan kita ketahui di hari ini.

Adanya Globalisasi ini tentunya juga didukung dengan adanya teknologi yang semakin lama semakin berkembang dan memudahkan kehidupan manusia. Di era Globalisasi saat ini semua yang kita lakukan menjadi lebih mudah. Namun disisi lain globalisasi juga memiliki dampak, baik itu dampak yang positif dan juga negatif dalam berbagai bidang. Pada awalnya manusia yang dengan pengaruh dan pemikiran serta budaya dari negara atau wilayahnya berpindah ke wilayah lain dan menyebarkan pemikiran dan kebudayaannya kepada manusia manusia lain di negara negara lain.

Semakin berkembangnya teknologi, khususnya teknologi komunikasi, maka tidak lagi dibutuhkan manusia yang berpindah, sekarang ini hanya membutuhkan informasi yang berpindah. Contoh langsung dari hal tersebut adalah youtube, facebook, google, TV, Radio dan banyak lagi.

Dan faktor-faktor Penyebab Globalisasi itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut:
·         Adanya kemajuan (breakthrough) di bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga menjamin kemudahan terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.
·         Adanya kemajuan (breakthrough) ilmu pengetahuan di bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan transfer barang dan jasa antarnegara.
·         Adanya kemajuan (breakthrough) kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara.

Tentunya ada penyebab dan pendorong yang akhirnya membuat era Globalisasi ini bisa terjadi, merangkum dari beberapa hal, maka beberapa penyebab terjadinya Globalisasi, diantarnya:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Adanya perkembangan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak pada mudahnya transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.

Sumber :

https://vds.co.id/apple-pakai-mode-standar-untuk-pengisi-daya-nirkabel/