Dampak Negatif Globalisasi

Dampak Negatif Globalisasi


·         Gampangnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
·         Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan lain sebagainya.
·         Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara
·         Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang
·         Kemudian globalisasi juga berdampak pada berbagai bidang, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

Globalisasi faktanya membawa dampak yang besar bagi kehidupan kelompok masyarakat juga pada setiap individu. Kenapa bisa begitu? Karena di era globalisasi seperti sekarang, seorang remaja seperti kalian dapat dengan mudah mengakses berita-berita, musik, film, dan gaya hidup masyarakat di negara lain melalui internet. Percepatan dan keterbukaan arus informasi inilah yang kemudian mengubah gaya hidup dan cara pandang seseorang.

C. Upaya dan sikap untuk mengantisipasi Globalisasi
Globalisasi membawa dampak positif dan negatif pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pada setiap aspek yang terpengaruh oleh arus globalisasi, selalu memunculkan kedua dampak tersebut, baik secara positif maupun negatif.

Lalu, upaya apa yang harus dilakukan oleh negara juga kita sebagai masyarakat dalam menghadapi dan menyikapi dampak-dampak globalisasi dengan baik? Globalisasi membawa masyarakat pada keadaan culture shock atau gegar budaya, di mana masyarakat dalam keadaan tidak siap atau terkejut dengan kebudayaan baru yang masuk di kehidupan sehari-hari mereka. Akibatnya, kebiasaan-kebiasaan dan norma-norma lama yang berlaku mulai pudar karena masuknya budaya asing.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai remaja dalam menghadapi globalisasi, diantaranya:

1.      Memperkuat Pendidikan

Maksud dari memperkuat pendidikan disini adalah masyarakat harus memiliki pendidikan dan pengetahuan yang cukup, sehingga seberapa besar pun gencarnya arus globalisasi menerpa dengan pengetahuan dan pendidikan yang cukup gelombang negatif dari globalisasi tersebut tidak dapat berdampak negatif juga bagi masyarakat. Contohnya: dengan pengetahuan yang baik maka masyarakat indonesia mampu bersaing dengan masyarakat lain di belahan dunia lain pula.

Sumber :

https://vds.co.id/apple-pakai-mode-standar-untuk-pengisi-daya-nirkabel/