Tingkat Marginal Transformasi Input

Tingkat Marginal Transformasi Input

Kurva isoinput pada pembahasan di atas berlereng negatif yang menunjukkan adanya substitusi antara kedua barang X dan Y. Hal ini juga berarti bahwa telah terjadi informasi input, yaitu dari penggunaan input untuk memproduksi barang X. Dengan kata lain, terjadi transformasi penggunaan input dari barang  X ke barang Y. Tingkat transformasi input marginal/ marginal rate of input transformation (MRIT)menunkukkan besarnya jumlah input yang digunakan untuk memproduksi barang Y yang ditarik dan kemudian digunakan untuk memproduksi barang X. Kemampuan ini ditunjukkan oleh besarnya slope dari kurva isoinput di atas. Secara aljabar, slope dari kurva isoinput bisa dilihat pada penurunan ekspresi dibawah ini:

Selanjutnya  bisa dilihat bagaimana perubahan slope tersebut diatas jika jumlah produksi barang X meningkat. Hal ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Gambar anak tangga di atas menunjukkan besarnya slope dari kuva isoinput. Jika kita berada pada posisi Y yang tinggi, pada kiri atas dan kemudian berjalan menuruni anak tangga tersebut terlihatbahwa anak tangga tersebut semakin landai dan rendah. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah input yang di ambil dari produksi barang Y dan dialihkan untuk memproduksi barang X sebesar satu unit semakin menurun. Hal ini sebenarnya menunjukkan adanya efek dari learning curve dari inout sebagaimana ditunjukkan pada gambar 7.1. Learning curve ini sekaligus juga menunjukkan adanya efisiensi penggunaan input. Namun, karena kemampuan manusia terbatas maka efek learning curve pada jumlah produksi semakin lama juga semakin menurun, dan pada titik tertentu  yang ditunjukkan oleh titik besar efek tersebut sudah menjadi nol. Pertambahan produksi barang X pada tahap selanjutnya dilakukan dengan efisiensi tersebut mulai terjadi setelah melalui titik belok(pada titik besar). Setelah titik belok tersebut maka jumlah input yang harus d ambil dari produksi barang Y menjadi semakin besar untuk memproduksi barang X sebesar satu unit.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/facebook-desain-ulang-tampilan-dalam-aplikasi/