Kombinasi Output Maksimum

Kombinasi Output Maksimum

 Setelah mendiskusikan semua hal yang perlu, maka sampailah kita saat ini pada masalah utama, yaitu menggambarkan bagaimana proses produsen muslim dalam mencapai mashlahah yang maksimum melalui kegiatan produksi yang mereka lakulan.

Tujuan dari produsenyang ingin memaksimumkan mashlahah bisa diekspresikan    menjadi:          M = f(X,Y)

Dalam produksi di atas ditunjukkan bahwa mashlahah yang diperoleh oleh produsen bersumber dari produksi barang  X dan barang Y yang dihasilkannya. Perlu dilihat dari sini bahwa pungsi mashlahah diatas sama seperti pungsi mashlahah yang ada pada teori konsumen. Hanya saja dalam kasus sekarang ini terma-terma X dan Ymenunjukkan jumlah barang yang diproduksi, bukannya jumlah barang yang dikonsumsi. Dengan demikian, representasi geometris dari pungsi mashlahah ini sama dengan yang ada dalam teori knsumsi, yaitu ditunjukkan oleh kurva iso-mashlahah, yaitu kurva yang menunjukkan kombinasi barang X dan Y yang memberikan tingkat mashlahah yang sama.

Sementara itu, keadaan input yang dihadapi oleh produsen diasumsikan konstan sehingga fungsi kendalanya adalah bayaknya input yang besarnya tertentu, yaitu kurva isoinput. Fungsi kendala ini bisa diekspresikan sebagai berikut ini:       I = i(X,Y)

Secara grafis proses maksimilasi mashlahah ini disajikan dalam gambar. Anggaplah dalam upaya mencapai maksimum mashlahah dalam kegiatan produksinya, seorang produsen menghadapi pilihan arrangemen mashlahah yang besarnya bertingkat-tingkat, sebagaimana ditunjukkan oleh kurva iso-mashlahah IM1, IM2 dan IM3. Tentu saja produsen akan memilih tingkat mashlahah yang paling tinggi yaitu kombinasi produksi yang berbeda pada kurva iso-mashlahah IM3, anggap misalnya kombinasi D. Namun, tentu saja usaha produsen tersebut terkendala dengan jumlah input yang tersedia. Jumlah input yang tersedia sudah tertentu besarnya yang ditunjukkan oleh kurva isoinput. Dengan demikian, pilihan untuk berproduksi pada kombinasi output D merupakan pilihan yang tidak relistis karena tersebut tidak bisa tercapai.

RECENT POSTS