DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  1. Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian    akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
  2. Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.
  3. Terciptanya lapangan pekerjaan akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
  4. Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.
  5. Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

1.      Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.

2.     Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.

  1. KASUS PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA
  2. Kemiskinan dan Ketimpangan Pendapatan

Adalah ketidakmampuan masyarakat untuk kebutuhan dasar. Umumnya disebabkan karena tidak memperoleh pendapatan yang cukup. Terpusatnya perekonomian pada suatu dhaerah maka mengindikasikan bahwa pembangunan masih belum merata.

  1. Pengangguran

Pengangguran menunjukkan ketidakseimbangan jumlah SDM dan lapangan pekerjaan, yang merupakan kurang optimalnya pemanfaatan angkatan kerja. Pertumbuhan penduduk yang pesat akan mempersulit tercapainya tujuan Negara, trutama tujuan untuk mempertinggi taraf kesejahteraan ekonomi dan social masyarakat. Perkembangan penduduk yang pesat akan mengurangi kempuan Negara tersebut untuk memperbesar tabungan.

  1. Tingkat Inflasi yang Tinggi

Inflasi adalah kenaikan harga barang secara terus menerus dalam jangka lama. Maka akan mungkin timbul ketidakmampuan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

  1. Kerusakan Sumber Daya Alam

Pemanfaatan SDA yang kurang tepat akan menimbulkan kerusakan alam, dan kerusakan alam akan memicu juga kerusakan hasil-hasil pembangunan.


  1. PERTUMBUHAN EKONOMI     

Schumpeter tidak berpendapat dengan ahli-ahli ekonomi klasik. Menurut pendapatnya, pertambahan pendapatan negara dari masa ke masa,keadaannya ditentukan oleh besarnya kemungkinan untuk menjalankan pembentukan modal yang menguntungkan yang akan dilakukan oleh para pengusaha.

Untuk mencapai suatu pertumbuhan, dalam perekonomian diperlukan adanya kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Kemampuan ekonomi suatu bangsa dalam menghasilakan barang (produksi) akan berpengaruh pada tingkat pertubuhan ekonomi.

Sumber :

https://busbagus.co.id/xiaomi-mi-mix-2-segera-mendarat-di-india/