Hak Asasi Manusia di Indonesia

Hak Asasi Manusia di IndonesiaHak Asasi Manusia di Indonesia

  1. Pengakuan Bangsa Indonesia terhadap HAM

Dalam hal hak asasi manusia, bangsa Indonesia menyadari untuk memberikan penghotmatan, pengakuan dan jaminan perlindungan hak asasi manusia terhadap warga negaranya. Hal ini dapat dilihat dalam pancasila, UUD 1945, Tap MPR, dan UU.

  1. Pancasila

            Nilai-nilai pancasila yang terwujud dalam lima sila merupakan landasan bagi pembangunan hak asasi manusia, terutama sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Berdasarkan sila ini, bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia memiliki harkat dan martabat yang sama. Oleh karna itu harkat dan martabat manusia wajib di hormati dan di junjung tinggi.

  1. Undang-Undang Dasar 1945

        Hak asasi manusia tercermin dalam pembukaan UUD 1945 alinea 1 dengan pernyataan “Kemerdekaan adalah hak segala bangsa.” Selain itu, tercermin dalam batang tubuh UUD 1945 pada pasal 29 ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya itu.” Selain pasal 29 ayat (2) UUD 1945, pengaturan/perlindungan hak warga negara dapat dijumpai dalam pasal 27 sampai dengan pasal 34 UUD 1945.

  1. Ketetapan MPR No. XVII/MPR/1998

        Ketetapan MPR No. XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia yang berisi piagam hak asasi manusia bagi bangsa Indonesia.

  1. UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia

        UU HAM ini di maksudkan untuk melindu

 

 

Sumber :

https://phpmag.net/facebook-tes-langganan-artikel-instan-di-android/