Pengaruh Makanan Sehat Bagi Kesehatan

Pengaruh Makanan Sehat Bagi Kesehatan

Makanan sebagai sumber energy dan zat pembangun tubuh merupakan elemen penting dalam tubuh manusia. Makanan akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap ketahanan dan kondisi tubuh serta pertumbuhan tulang dan gigi. Makanan akan diproses didalam tubuh , dan diserap sari-sari makanannya untuk kemudian dibakar dan diedarkan keseluruh bagian tubuh sesuai dengan fungsinya. Makanan akan mempengaruhi perkembangan sel , jaringan serta organ pada tubuh manusia. Apabila tubuh kemasukan bahan makanan yang mengandung toksin maka tubuh akan bereaksi serta memicu kerusakan pada bagian tubuh tertentu.

Tanpa makanan tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Badan tidak akan berkembang serta tumbuh dan bekerja dengan baik. Makanan mengandung beberapa asupan bahan yang diperlukan oleh tubuh. Tapi terkadang kesadaran akan pentingnya makanan yang sehat dihiraukan oleh masyarakat. Masyarakat tidak menyadari bahwa makanan-makanan instan, serta makanan yang mengandung pemanis dan pengawet buatan. yang banyak beredar di masyarakat telah menyebabkan tingkat kesehatan menurun serta memicu penyakit berbahaya dalam jangka panjang. Apalagi muncul makanan berformalin, boraks , ayam tiren, daging gelonggongan merupakan bukti bahwa ekonomi menyebabkan masyarakat apatis terhadap kesehatannya.Oleh karena itu pemenuhan gizi seimbang sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan.

  1. Manfaat pola makan sehat

Penerapan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat pola makan sehat tersebut, antara lain:

  1. Melancarkan metabolism tubuh

Pola makan sehat dengan gizi seimbang dapat memenuhi zat-zat gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pasokan zat gizi yang memadai akan memperlancar proses metabolism tubuh. Bila proses metabolism ini berjalan dengan lancer, maka organ-organ tubuh juga dapat melakukan fungsinya dengan baik.

  1. Mencegah penyakit degenerative

Banyak penyakit dapat dicegah dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat, diantaranya kanker. Ada beberapa hal yang diduga turut menjadi pemicu munculnya kanker di dalam tubuh, salah satu di antaranya adalah pola makan yang tidak baik. Kendati tidak semua kanker berkaitan dengan pola makan, namun pola makan yang sehat sudah jelas akan menurunkan risiko terjadinya kanker. Di samping itu, pola makan sehat juga terbukti bermanfaat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, diabetes mellitus, hipertensi, dan kerusakan ginjal.

 

Sumber :

https://ppidkabbekasi.id/ada-samsung-galaxy-note-fe-di-indocomtech-2017/