Teori Motivasi

Table of Contents

Teori Motivasi

Motivasi merupakan kegiatan yang mengakibatkan, menyalurkan dan memelihara perilaku manusia., dan merupakan suatu proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang kita inginkan. Motivasi sangat dibutuhkan seseorang untuk membangkitkan semangat seseorang.
Berikut beberapa teori motivasi menurut pendapat para ahli yaitu:

Teori Hierarki Kebutuhan, menurut maslow didalam diri setiap manusia ada lima jenjang kebutuhan, yaitu:

  • faali (fisiologis) yaitu yang diperlukan untuk mempertahankan hidup seperti makan, minum dan kebutuhan fisik lainnya
  • Keamanan, keselamatan dan perlindungan yaitu rasa ingin dilindungi dari bahaya fisik dan emosional, seperti tinggal di wilayah yang aman, asuransi medis.
  • Sosial yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan interaksi dengan orang lain yang mencakup kasih sayang, rasa dimiliki oleh masing-masing individu seperti persahabatan.
  • Penghargaan yaitu sesuatu kebutuhan yang muncul akibat seseorang merasa memiliki. Dan kebutuhan ini dapat diklasifikasikan sebagai internal atau eksternal. Kebutuhan penghargaan internal yang berkaitan dengan harga diri seperti kehormatan diri dan prestasi. Kebutuhan eksternal adalah berupa pengakuan peningkatan status sosial.
  • Aktualisasi diri yaitu dalam arti tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata.

 

RECENT POSTS