Jenis-jenis Motivasi

Jenis-jenis Motivasi

Dalam pelaksanaan motivasi kita harus mengetahui jenis-jenis motivasi agar dapat diterapkan model motivasi mana yang cocok diterapkan. Jenis-jenis motivasi ada 2 yaitu :

1. Motivasi Positif
Proses untuk mencoba mempengaruhi orang lain agar menjalankan sesuatu yang kita inginkan dengan cara memberikan kemungkinan untuk mendapatkan hadiah.

2. Motivasi Negatif

Proses untuk mempengaruhi seseorang agar mau melakukan sesuatu yang kita inginkan tetapi teknik dasar yang digunakan adalah lewat kekuatan ketakutan.
Motivasi positif efektif bersifat jangka panjang, sedangkan motivasi negatif bersifat jangka pendek saja.
Motivasi seperti ini perlu diterapkan oleh sekolah atau dunia pendidikan karena dalam interaksi belajar mengajar siswa atau mahasiswa kadang sering tidak menaruh minat dan perhatian terhadap suatu kegiatan yang sedang berlangsung. Oleh sebab itu di dalam kegiatan interaksi belajar, guru atau pengajar dalam hal ini memegang peranan sangat penting dalam upaya menumbuhkan serta meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa secara menyeluruh. Dengan demikian siswa akan lebih aktif berperan serta berpartisipasi positif di dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung.

Sumber :

https://sorastudio.id/hadirkan-iphone-x-smartfren-pastikan-sop-sesuai-apple/