Daerah-daerah Kebudayaan di Amerika-Asia

Daerah-daerah Kebudayaan di Amerika-Asia

Clark Wissler mengklasifikasikan Amerika Utara kedalam sembilan daerah kebudayaan.

Daerah Kebudayaan di Amerika Utara

  1. Daerah kebudayaan eskimo

Yang meliputi susku-suku bangsa pemburu binatang laut di pantai utara dan barat laut kanada, serta pantai-pantai yang berhadapan dengan panatai kanada seperti Greenlandyang telah mengdaptasikan diri terhadap kehidupan di daerah sebelah utara garis pantai dan di dalam suatu alam yang sangat dingin dan banyak es dan salju keras. Contoh suku bangsa dari daerah ini Eskimo, Nanivakimut di Alaska, Eskimo Iglulik di pantai bagian utara dari teluk Hudson.

  1. Daerah Kebudayaan  Yukon-Mackenzi

Yang meliputi suku-suku bangsa pemburu binatang hutan koniferus di Kanada Barat Laut, seperti beruang atau binatang-binatang buruan yang lebih kecil, serta penangkapan ikan di sungai-sungai Yukon dan Mackenzi, serta anak-anak sungai. Dibeberapa tempat ada pula suku-suku bangsa yang musim-musim tertentu memburu binatangrusa reindeer. Salju lembut yang banyak di daerah itu telah menyebabkan berkembangnya alat sepatu salju. Contoh suku bangsa di daerah itu adalah Tanana di hulu sungai Yukon, Kaska di hulu sungai Mackenzie, dan chipwayan di daerah-daerah danau kanada utara.

  1. Daerah Kebudayaan pantai barat laut

Yang meliputi suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang hidup di desa-desa tepi pantai barat laut Kanada, atau di tepi pantai pulau-pulau yang berhadapan dengan panatai Kanada. Suku bangsa itu hidup dari perikanan (ikan salm) dan membru ikan paus dilaut terbuka. Ciri yang mencolok dari kebudayaannya adalah upacara-upacara tetonisme dengan suatu seni patung kayu yang berkembang luas, seni teun yang indah, danadat setiadat sekitar potlatch, yaitu pesta-pesta besar dimana kelompok-kelompok kekerabatan yang berasal dari desa-desa lain saling bersaing secara berlebihan dalam hal memamerkan kekayaan. Contoh suku bangsa dari daerah ini adalah Tlinggit, Haida, dan Kwakikut.

  1. Daerah Kebudayaan Dataran Tinggi

Yang meliputi suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun hidup di desa-desa, dirumah-rumah setengah di bawah tanah dalam musim dingin dan rumah-rumah jerami untuk musim panas . Mata pencariannya adalah perikanan dan meramu tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Contoh suku bangsa ini adalah Kutensi, Klamat, dan Yurok.

  1. Daerah kebudayaan Plains

Yang meliputi suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang sampai sekitar abad ke-19 tersebar didaerah stepa-stepa yang sangat luas, yaitu di ddaerah praire atau plains diantara sungai besra misissipidan deret pegunungn Rocky, yang hidup dari berburu binatang banteng bison dengan  kuda ( yang pemakainnya mereka pelajari dari orang spanyol). Sekarang dengan musnahnya bison, orang indian praire sudah mempunyai mata pencaharian hidup lain atau sudah tersebar di kota-kota. Contoh suku bangsa daerah ini adalah Crow, Omaha, dan Comanche.

  1. Daerah kebudayaan hutan timur

Yang meliputi suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang tersebar di daerah-daerah sekitar bagian timur laut, dan yang hidup berdasarkan pertanian menetap dengan jagung sebagai tanaman pokok. Suku bangsa itu umumnya hidup di desa-desa dengan rumah-rumah panjang yang terbuat dari kulit pohon untuk musim panas dan rumah-rumah setengah bola yang juga terbuat dari kulit pohon untuk musim dingin (wigwam). Contoh suku bangsa ini adalah Winnebago, Huron, dan Iroquis.

Baca juga: