Cara Mudah Budidaya Durian Montong Hasil Berkualitas

Cara Mudah Budidaya Durian Montong Hasil Berkualitas

Cara Mudah Budidaya Durian Montong Hasil Berkualitas – Pada Kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi bagi sobat semuanya mengenai Budidaya Durian Montong. Perhatikan informasi yang kami sampaikan dibawah ini sebagai pengetahuan anda semua dalam berbudidaya. Semoga dapat bermanfaat dan sebagai motivasi untuk anda dalam berusaha.
Tentu kita sudah akrab dengan buah durian. Buah yang memiliki rasa manis dan unik ini cocok dimakan langsung maupun dolah sebagai makanan maupun minuman. Dengan daging buah yang tebal dan manis, barang tentu siapa yang tidak tergiur untuk memakannya. Akan tetapi, bagi yang memiliki tekanan darah tinggi tidak boleh terlalu banyak makan buah yang satu ini. Permintaan dan Harga Durian Montong selalu tinggi sehingga memberikan keuntungan yang menggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakan.

BERIKUT INI TIPS CARA BERBUDIDAYA DURIAN MONTONG :

SYARAT TUMBUH :
Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi, Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 50-600M diatas permukaan air laut. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 m dan PH tanah 6-7.
PENYIAPAN LAHAN PERTANAMAN :
Lahan dibersihkan dari sisa-sisa tumbuhan dan gulma dengan cara mekanis atau kimiawai, tebang juga tanaman keras yang mengganggu masuknya sinar matahari. Pembukaan lahan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, sehingga pada awal musim hujan sudah bisa dilakukan penanaman.
Di lahan seluas satu hektare (ha), para petani bisa menanam hingga 190 pohon. Setelah mencapai umur 3-4 th, durian ini bisa mulai dipanen. Satu pohon bisa menghasilkan 100 kilogram (kg) buah, dengan berat rata-rata satu buahnya mencapai 3-5 kg. Harga Buah Durian Montong di Pasaran bisa mencapai 25.000-30.000 per/kg.
LUBANG TANAM :
Buat lubang berbentuk bujur sangkar ukuran 50 atau 100cm. Tanah galian di campur dengan pupuk kandang matang 20kg kemudian tanah masukan kembali. Biarkan selama 1 minggu sebelum bibit di tanam tujuanya untuk menggemburkan tanah sehingga pengakaranya lebih bagus dan kuat.
Jarak tanam 7 x 7 Meter atau 10 x 10 Meter.