Paragraf Eksposisi

Pada artikel ini kita akan membahas paragraf eksposisi, definisi paragraf eksposisi, karakteristik paragraf eksposisi, jenis paragraf eksposisi dan contoh-contoh paragraf eksposisi. Tujuan menggunakan eksposisi ini atau artikel tertulis adalah untuk memberikan informasi atau penjelasan kepada pembaca atau pendengar dengan mengembangkan ide.

Definisi Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi? adalah paragraf yang berisi sejumlah informasi

Menurut KKBI, paragraf eksposisi berarti deskripsi teks yang bertujuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan (misalnya dalam esai).

jadi dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa paragraf eksposisi adalah paragraf atau esai yang disajikan dengan cara menggambarkan atau menjelaskan informasi secara koheren dan akurat untuk menambah pengetahuan pembaca. Sumber: ruangguru.co

Karakteristik Teks Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki beberapa karakteristik termasuk yang berikut:

  • Paragraf ini memiliki gaya penulisan yang mengundang dan tidak terlalu berpengaruh
  • Penggunaan bahasa standar, jelas dan mudah adalah cara menyampaikan esai eksposisi
  • Deskripsi adalah informasi
  • Esai ini tidak memihak atau memaksakan kehendak para pembacanya
  • Esai ini objektif tetapi netral
  • Penjelasan di mana data diberikan akurat
  • Esai disajikan untuk mengungkapkan fakta-fakta yang akan digunakan untuk konkretasi dan sebagai kontribusi

Jenis paragraf eksposisi

Beberapa jenis teks eksposisi meliputi:

Definisi Eksposisi Teks adalah paragraf dari jenis ini yang menjelaskan arti atau penjelasan tentang topik tertentu
Proses Eksposisi Teks adalah serangkaian tahapan atau cara untuk melakukan suatu peristiwa dari awal hingga akhir
Teks Eksposisi Bergambar adalah paragraf yang menggambarkan informasi atau penjelasan tertentu. Ini dilakukan dengan menambahkan gambar atau penjelasan singkat tentang topik lain yang memiliki sifat serupa dan seterusnya …
Laporan Eksposisi Teks adalah paragraf yang menggambarkan peristiwa atau penelitian tertentu
Teks Eksposisi Perbandingan adalah paragraf eksposisi yang berisi ide-ide utama yang dijelaskan menggunakan perbandingan dengan yang lain
Teks Eksposisi pertikaian adalah esai di mana ia bertentangan satu sama lain.

Juga Baca: Contoh Artikel Ilmiah Pendek Populer

Struktur Teks Eksposisi

a. Tesis atau Pernyataan Pendapat
Tesis adalah bagian yang memiliki konten dalam bentuk perspektif penulis dari setiap masalah yang akan dibahas topik, isi skripsi ini tentu didasarkan pada bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat oleh argumen dan pada bagian ini adalah penting untuk menyusun contoh teks eksposisi dan biasanya muncul di awal teks eksposisi meskipun ada kemungkinan kita dapat menemukannya di akhir.

b. Argumentasi
Argumentasi adalah bentuk alasan atau bukti yang digunakan dalam menegaskan atau memperkuat pendapat tentang tesis atau tugas akhir, meskipun dalam praktiknya pertahanan dapat digunakan untuk menyangkal atau menolak pernyataan yang diberikan.

Argumen bisa dalam bentuk pernyataan umum atau dalam bentuk data dari hasil penelitian ahli yang sumbernya dapat dipercaya.

c. Penegasan Kembali Opini
Pada bagian ini adalah kesimpulan yang menegaskan kembali tesis yang dibahas pada awal teks eksposisi dan memperkuat argumen yang didukung oleh fakta.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan paragraf eksposisi
Ketika Anda ingin menulis paragraf eksposisi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut;

Atur topik yang menarik untuk dikembangkan

Mengatur garis besar untuk menyederhanakan proses pengembangan poin pemikiran

Contoh Eksposisi Teks Singkat Tentang Pendidikan

Tesis:
Sistem pembelajaran Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pergantian tersebut terkait dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pembelajaran Bahasa Indonesia.

Yang mana, kurikulum 2006 yang telah lama digunakan diubah oleh kurikulum 2013. Meski tidak semua sekolah menggunakan kurikulum.

Argumen:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada beberapa kesempatan menjelaskan bahwa kurikulum 2013 diprioritaskan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar internasional.

Baca Juga: Teks Eksposisi: Struktur, Definisi, Karakteristik, dan Contoh Singkat
Keterjangkauan distribusi buku juga merupakan ketentuan untuk sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menyatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus pada pembangunan perilaku, pengetahuan, keterampilan, kepribadian berdasarkan pendekatan ilmiah.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menekankan ikatan antara proses pembelajaran dengan rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia yang diberkati untuk mengelola alam.

Baca juga: