Mengenal Para Founder Startup Sukses Indonesia

Perkembangan teknologi digital di Indonesia telah berhasil ‘memulai’ beberapa startup di Indonesia. Disebutkan hanya beberapa; Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Kudo, Urbanindo, Go-jek dan sebagainya. Beberapa startup ini telah berkembang pesat dan berada di peringkat teratas dalam daftar terbaik di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, grup iPrice bermitra dengan Ventura, sebuah perusahaan investasi di Indonesia, untuk membandingkan lebih dari 50 perusahaan pemula dengan lebih dari 100 pendiri menganalisis pendidikan mereka.

Parameter ‘sukses’ yang digunakan oleh kedua perusahaan adalah startup yang menerima setidaknya dana Seri-A. Dari penelitian ini, 3 hal menarik ditemukan tentang pendidikan pendiri yang sukses di Indonesia.

Berikut ringkasannya:

ITB adalah pencetak startup yang sukses

# 1. Dari lebih dari 100 analis yang dianalisis, 14 dididik di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pendiri Bukalapak, seperti Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rashid, keduanya dari Institut Teknologi Bandung. Selain itu, ada COO dari Kudo, dengan Grab Agung Nugroho, CEO Snapcart Raynazran Royono, salah satu pendiri Fabelio Marshal Tegar Utoyo dan banyak lainnya.

# 2. Kampus National Archipelago dan Harvard berada di posisi kedua. Kedua universitas telah mencapai 8 pendiri yang sukses. Beberapa orang dari Kepulauan Nasional adalah pendiri dan CEO Tocopedia William Tanuwijaya, CEO Qlapa Benny Fajarai, CEO Tripvisto Benardus Sumartok. Sementara Harvard adalah CEO Gojek Nadiem Makarim, CEO Travelok Ferry Unardi, pendiri Capital saya, Raynold Wijaya dan Kelvin Teo, dan banyak lainnya.

# 3. Tempat ketiga adalah Universitas Purdue, yang telah mencapai tujuh pendiri yang sukses. Di antara mereka adalah Haras Adamas Syah Devara yang berpendidikan Harvard, CEO Berrybenk Jason Lamuda dan CEO Sribu Ryan Gondokusumo.

# 4. Di tempat keempat adalah Stanford, yang telah berhasil mendapatkan 5 pendiri yang sukses, seperti Traveloka CTO Derianto Kusuma dan pendiri Sumampouw Observations.

# 5. Di masa lalu ada Universitas Indonesia, yang dapat mencapai empat pendiri yang sukses. Di antara mereka adalah direktur CTO Tickets.com Natali Ardianto, manajer ruang manajer produk Faith Usman dan juga CEO Living Forever.

Selain enam universitas di atas, ada beberapa universitas di Indonesia yang telah membuat pendiri sukses, seperti Universitas Taruma Negara, tiga orang, dan juga Universitas Harapan 2.

Dari data ini, kita dapat belajar bahwa universitas di Indonesia tidak kalah dengan universitas di luar sumber daya manusia. Telah terbukti bahwa ITB telah mencapai lebih banyak pendiri yang sukses daripada Harvard, Purdue dan Stanford.

Baca juga: