Active Voice dan Passive Voice

Active Voice dan Passive Voice

Active Voice dan Passive Voice
Active Voice dan Passive Voice

Kali ini saya akan membahas mengenai Kalimat Aktif (Active Voice) dan Kalimat Pasif (Passive Voice). Terdapat beberapa pengertian mengenai dua kalimat tersebut yang dikutip dari beberapa sumber, diantaranya adalah sebagai berikut;

“Kalimat aktif (active voice) adalah kalimat dimana subject-nya melakukan pekerjaan, sebaliknya, kalimat pasif (passive voice) adalah kalimat dimana subject-nya dikenai pekerjaan oleh object kalimat.”

Active Voice (Kalimat Aktif) adalah kalimat yang subject-nya berbuat sesuatau atau melakukan suatu pekerjaan. Dalam bahasa indonesia ciri-ciri kalimat aktif adalah kata kerjanya selalu berawalan “me-“ dan beberapa lagi memiliki awalan “ber-“.”

Passive Voice (Kalimat Pasif) adalah kalimat yang subject-nya dikenai suatu pekerjaan atau menderita suatu. Dengan kata lain subject kalimat tersebut menjadi sasaran kegiatan yang dinyatakan oleh kata kerja. Dalam bahasa indonesia ciri-ciri kalimat pasif adalah kata kerjanya yang berawalan dengan “di-“ dan beberapa lagi memiliki awalan “ter-“ (tergantung pada konteks kalimat).”

Active voice lebih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan passive voice. Namun demikian, sering kita temukan passive voice di surat-surat kabar, artikel-artikel di majalah-majalah dan tulisan-tulisan ilmiah. Passive voice digunakan karena object dari active voice merupakan informasi yang lebih penting dibandingkan dengan subject-nya.

Sebelumnya kita telah mempelajari tentang Tenses, kalian masih ingat bukan?. Oke bagi yang tidak ingat saya akan memberikan sedikit gambaran tentang tenses.

  1. Simple Present Tense (S+V1+O)
  2. Simple Past Tense (S+V2+O)
  3. Simple Future Tense (S+Will+V1+O)
  4. Present Continous (S+to be (is, am, are)+V-ing+O)
  5. Past Continous ( S+was/were+V-ing+O)
  6. Future Continous (S+will+V-ing+O)
  7. Present Perfect (S+have/has+V3+O)
  8. Past Perfect ( S+have/had+V3+O)

Setelah mengetahui rumus tensesnya, mari kita masukan ke dalam kalimat. Kalimat yang kita buat berdasarkan tenses di atas, masih berupa kalimat aktif (active voice) dan akan kita ubah menjadi kalimat pasif (passive voice).

Sumber : https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/seva-mobil-bekas/