Alasan Kepala Berketombe Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Ketombe bisa terjadi pada siapa saja, dan tersebut tidak terdapat hubungannya dengan kebersihan. Tapi meskipun tidak butuh malu, tersebut sepenuhnya dapat dimengerti andai Anda lebih suka guna tidak menyaksikan serpihan berminyak di rambut.

Untuk menanggulangi ketombe, Anda mesti meyakinkan ketombe yang sebenarnya dirasakan dan bukan kulit kepala yang kering.

Heidi Prather, Ahli Dermatologi bersertifikat yang berbasis di Texas menuliskan kedua situasi ini paling bertentangan.

Deanne Mraz Robinson, berpengalaman dermatologi berbasis di Connecticut, menuliskan pentingnya mengidentifikasi jenis serpihan yang kita hadapi.

Setelah kita yakin itu ialah kulit kepala berminyak yang menjadi penyebab ketombe, berikut saatnya untuk menggali tahu penyebab mana yang barangkali menjadi penyebabnya.

Jarang Keramas

Dengan tidak membasuh kulit kepala dapat mengakibatkan penumpukan minyak dan perkembangan berlebih dari tumbuhan normal. Flora tersebut termasuk jenis ragi yang mengakibatkan skala kuning berminyak.

Ragi itu, kata Mraz Robinson, dinamakan malassezia, dan andai seseorang mempunyai terlalu banyak, sel-sel kulit mulai berkembang biak dengan laju yang lebih cepat. Namun, tidak butuh ada ragi yang berlebihan untuk merangsang ketombe.

“Jika kita tidak sering membasuh rambut sebum dan sel-sel kulit mati secara bersamaan bisa menumpuk dan mengakibatkan ketombe,” kata Mraz Robinson.

Mencuci terlampau banyak, ironisnya, mengakibatkan jenis serpihan lainnya. “Jika meninggalkan residu dan penumpukan minyak alami bakal menghasilkan ketombe, mencungkil minyak normal terlampau agresif akan mengakibatkan kulit kepala kering,” kata Prather.

“Seringkali orang akan selesai dalam lingkaran setan dalam mengasuh ketombe mereka secara berlebihan, sampai-sampai kulit kepala menjadi kering.”

Produk Tidak Cocok

“Produk dengan alkohol dapat mengakibatkan kekeringan, yang sebenarnya merangsang lebih tidak sedikit produksi sebum yang mengarah pada ketombe,” kata Mraz Robinson, yang pun merekomendasikan guna menghindari produk-produk yang berisi tidak sedikit aroma.

Prather pun menyarankan merealisasikan jenis produk tertentu pada panjang dan ujung rambut kita bukan kulit kepala.

“Mengobati kulit kepala secara berlebihan dengan kondisioner atau produk rambut berbasis minyak bisa memperburuk ketombe,” katanya.

Tapi tersebut tidak masalah produk mana yang Anda pakai jika tidak mengekor saran dari membasuh rambut secara teratur.

“Jika kita tidak keramas lumayan sering, produk perawatan rambut dapat meningkatkan penumpukan sel kulit, sebum, dan bahan aktif dari produk tersebut sendiri,” kata Mraz Robinson. “Dinginkan pada produk rambut hingga suar terkendali, dan perlahan masukkan kembali.”

Baca Juga: