Kelebihan dan kekurangan Sosiometri

Kelebihan dan kekurangan Sosiometri

Kelebihan dan kekurangan Sosiometri

Kelebihan metode sosiometri adalah:

  1. Teknik ini relatif sederhana, dilaksanakan berdasarkan pada pilihan murid kepada kawannya dalam beberapa situasi kelompok atau aktivitas.
  2. Memberikan informasi yang akurat tentang latar belakang (alasan) seorang murid dipilih dan/atau di tolak oleh murid lainnya.
  3. Memberikan kesempatan kepada konselor untuk melakukan analisis secara kualitatif dan secara kuantitatif. Analisis kualitatif dapat dilakukan dengan menganalisis sosiogram untuk mengetahui konfigurasi hubungan sosial. Sementara analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis indek status pilihan, penolakan dan pemilihan penolakan.
  4. Memiliki kekuatan untuk mengorganisasi kelompok-kelompok kelas.
  5. Meningkatkan penyesuaian sosial individu murid.
  6. Meningkatkan stuktur sosial kelompok.
  7. Memnerikan gambarana tentang ada tidaknya jaringan sosial antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya.

Kekurangan metode sosiometri adalah:

  1. Semua murid harus berpartisipasi dalam aktivitas maupun situasi kelompok. jika ada murid yang tidak berpartisipasi, maka konselor akan mengalami kesulitan untuk mendudukkan murid yang bersangkutan dan murid lainnya di dalam sosiogram.
  2. Komitmen konselor untuk menjaga kerahasiaan dan pilihan-pilihan atau penolakan-penolakan setiap murid. Jika konselor menjaga rahasia tersebut, maka murid-murid bisa mengalami gangguan hubungan sosial dengan sesama murid sekelas setelah mereka mengetahui tentang pilihan-pilihan atau penolakan-penolakan diantara mereka, dan murid akan kehilangan kepercayaan terhadap konselor karena tidak menjaga rahasia tersebut.
  3. Prosedur sosiometri memerlukan kecermatan dan ketelatenan konselor dalam menyusun matrik sosiometri dan sosiogram. Pada umumnya menggambarsosiogram merupakan pekerjaan yang majemukan.

Sumber: https://superforex.co.id/threema-apk/