Menambahkan Admin pada Google+ Page

Menambahkan Admin pada Google+ Page

 

Menambahkan Admin pada Google+ PageMenambahkan Admin pada Google+ PageMenambahkan Admin pada Google+ Page
Menambahkan Admin pada Google+ Page

Sekitar 6 minggu yang lalu Google memperkenalkan Google+ Page (tepatnya pada tanggal 7 November 2011). Sebuah fitur yang serupa dengan Facebook Page. Banyak respon bermunculan sehubungan dengan diluncurkannya Google+ Page. Salah satu yang paling banyak mendapat permintaan adalah multi admin untuk mengelola sebuah page.

Kini, Google+ Page sudah mendukung multi admin (di Google+ di sebut Managers). Bahkan, kita bisa mendaftarkan sampai dengan 50 orang untuk sebuah page. Nah, bagaimana caranya melakukan hal tersebut?

Sebenarnya, mengaktifkan multi manager ini sangat mudah, yaitu hanya dengan mendaftarkan alamat email orang yang hendak kita ajak menjadi manager. Hanya saja, fasilitas untuk hal itu agak “tersembunyi”.

Buka Page yang kita miliki. Lalu, menuju ke Option (tanda roda gigi di pojok kanan atas). Pilih

Google+ Setting.
google+ setting
Di halaman setting, bisa kita lihat di bagian sidebar terdapat pilihan General dan Managers. Tentu saja kita pilih Managers.
google+ pilihan manajer
Setelah kita pilih Managers, akan terlihat field tempat kita memasukkan alamat email orang yang akan kita undang sebagai Manager. Silakan masukkan alamat email pihak yang bersangkutan, dan klik invite.
google+ tambah admin
Akan muncul pop-up untuk memastikan tindakan yang baru saja kita lakukan. Klik Continue. Selesailah sudah proses penambahan admin atau manager untuk Google+ Page. Orang yang bersangkutan akan mendapat email pemberitahuan bahwa ia diundang untuk menjadi Manager sebuah Page.
google+ verifikasi manajer

Sekedar tambahan, nama Owner dan Manager sebuah Page tidak terpampang untuk public dan

tidak terlihat di circle Page bersangkutan. Lalu, ada sedikit perbedaan kecil antara Owner dan Managers sebuah Page. Owner adalah orang yang membuat Page tersebut. Oleh karenanya, ia bisa menghapus Page dan mengalihkan kepemilikan (transfer ownership) Page tersebut. Managers tidak bisa melakukan dua hal tersebut.

Jadi, apabila kita sebagai owner dari sebuah Page sudah tidak terlibat dengan bisnis yang

bersangkutan, atau kita hendak menghapus profil Google+ kita, sebaiknya kita mengalihkan kepemilikan Page tersebut ke Manager lain sebelum kita melakukan hal-hal tadi. Pilihan pengalihan kepemilikan (transfer ownership) terdapat pada halaman Managers di Google+ Setting di Page kita.

google+ transfer ownership

Begitulah cara menambahkan manager atau admin di Google+ Page. Mudah bukan?

Baca Juga: