Antarmuka

Table of Contents

Antarmuka

Antarmuka
Antarmuka

Pengertian Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) lainnya untuk membantu mengarahkan alur masalah dan membantu dalam meyelesaikan masalah. Fungsi user interface adalah :

* Menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar.

* Menampilkan penjelasan system.

* Memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.

Hal yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif.

Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface(GUI).

Command Line Interface (CLI)
CLI adalah suatu tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.

Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Di dalam Antarmuka pengguna telematika terdapat beberapa fitur- fitur yang digunakan yaitu :

* Head Up Display System, Merupakan suatu tampilan transparan yang menampilkan data dengan tidak mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.

* Tangible User Interface disingkat TUI yaitu suatu antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik.

* Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin dan aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan sebuah teori yang digunakan untuk membangun suatu sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar).

* Browsing Audio Data.

* Speech Recognition, dikenal juga dengan sebutan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan

* SpeechSynthesis, merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.

Baca Juga :