Operating Manager in Information Systems

Operating Manager in Information Systems

Operating Manager in Information Systems
Operating Manager in Information Systems
Leon Lassiter, wakil presiden pemasaran Midsouth Chamber of Commerce (MSCC) yang telah bertemu dengan empat manajer pemasarannya dan beberapa anggota stafnya, yang semuanya marah karena kurangnya akses ke sistem komputer baru dan masalah yang mereka miliki pada penggunaan sistem PC yang lama. Lassiter telah meyakinkan mereka bahwa masalah-masalah tersebut sedang ditangani. Lassiter mulai mengenali masalah dan kompleksitas pada penggantian sistem. Pekerjaan di staf pemasarannya yang bisa mengakses sistem komputer baru untuk menangani akun mereka, telah berhenti. Lebih buruk lagi, sesuatu telah terjadi pada data dalam sebagian besar sistem PC lama mereka, yang berarti bahwa konferensi registrasi dan fungsi lainnya harus dilakukan secara manual. Ketidaknyamanan tersebut, bagaimanapun, kecil dibandingkan dengan perasaan tidak enak Lassiter bahwa ada masalah dengan pendekatan Midsouth keseluruhan untuk pengelolaan teknologi informasi. Lassiter tahu waktu itu adalah esensi dan bahwa mereka mungkin harus masuk dan mengelola konversi, meskipun ia tidak memiliki latar belakang teknologi informasi. Dia bertanya-tanya apa yang harus ia lakukan selanjutnya.
Latar Belakang
Pada awal tahun 1900-an, perkembangan ekonomi di kawasan Midsouth sangat tergantung pada sistem transportasi. Akibat keputusan legislatif, banyak masyarakat di sekitar Midsouth tidak bisa melakukan akses pada pelayanan transportasi yang memadai, sehingga memperlambat perkembangan bisnis dan ekonomi. Sekelompok pebisnis yang kuat kemudian membentuk Midsouth Chamber of Commerce untuk mencoba mempengaruhi pemerintah atas masalah transportasi tersebut.
Pertengahan tahun 1980-an, di bawah kepemimpinan Jack Wallingford, MSCC menjadi organisasi advokasi/pembela yang agresif untuk komunitas bisnis dan MSCC menjadi organisasi yang besar dan mulai melakukan komputerisasi pada beberapa proses manual. Akhir tahun 1980an, MSCC diperhitungkan untuk menjadi organisasi advokat bisnis yang paling kuat di Midsouth dan salah satu yang paling inovatif dalam pendekatan dan teknik mereka dengan masalah yg ada pada komunitas bisnis. Masalah terbesar yang dihadapi MSCC saat itu adalah pertumbuhan berkelanjutan yang mungkin dibatasi karena tidak adanya dana jangka panjang dalam anggaran operasi tahunan mereka.

Leon Lassiter
Pertengahan tahun 1980an, Wallingford dihadapkan dengan dilemma yang serius. MSCC mengalami penurunan proyek senilai $330.000 dalam tahun fiskal 1989. Wallington menyadari bahwa ia harus mengurangi baik jumlah staf maupun jumlah program atau menemukan beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan dengan lebih agresif dalam organisasi. Wallingford kemudian memanggil wakil presiden yang menangani urusan publik dan operasional, ED Wilson, dan menginstruksikannya untuk mencari seseorang untuk memimpin bagian Sales&Marketing.
Sampai akhirnya Leon Lassiter masuk ke MSCC pada bulan Desember 1988 dengan 8 tahun pengalaman dalam manajemen penjualan dan pemasaran pada American Brands. Lassiter dengan cepat membuat perubahan besar. Ia mendasarkan keyakinan bahwa lebih baik mengkoordinasikan dan mengelola fungsi pendukung pemasaran dibandingkan dengan fungsi penjualan. Sebagai tambahannya, walaupun MSCC telah membeli komputer pribadi untuk penjualan dan pemasaran, dan telah diinstalkan beberapa software yang biasa digunakan di tahun 1986, namun sistem tersebut memiliki  kemampuan yang cukup terbatas. Berdasarkan fakta tersebut, Lassiter mulai mengembangkan sepenuhnya sistem penjualan dan pemasaran baru yang didasarkan pada tujuan yang dapat diukur, prosedur operasi dokumentasi, dan program pelatihan secara teratur.