Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Penyebab anak mogok sekolah dapat disebabkan oleh hal internal maupun eksternal. Penyebab dari dalam diri yang dimaksud, antara beda sakit, lelah, atau malas. Sementara itu, hal dari luarnya dapat disebabkan oleh lingkungan, teman, atau guru yang membuatnya tak mau mendekati sekolah.

Sangat jelas bahwa memarahi tidak akan menuntaskan masalah. Oleh sebab itu, untuk menanggulangi anak tidak inginkan sekolah, khususnya andai usianya 2-6 tahun, Anda dapat menerapkan 5 teknik di bawah ini.

Menjadi Pendengar yang Baik

Langkah kesatu untuk menuntaskan masalah ialah dengan memahami sumbernya. Pancing anak untuk mengucapkan keluh kesahnya sekitar di sekolah. Biarkan dia bercerita tentang rekan yang nakal, gurunya terlampau galak, tidak nyaman dengan lingkungan sekolahnya, atau malah dia lebih suka sedang di rumah.

Ketika anak bercerita, dengarkanlah dia dengan sarat perhatian. Sesekali berikan tanggapan supaya dia melanjutkan ceritanya, namun hindari mencukur dengan kesimpulan. Selain mengajar kemampuannya dalam mengucapkan isi hati, dia pun akan menikmati kasih sayang dan perhatian kita sebagai orang tua.

Mengajak Diskusi Terkait Masalahnya

Setelah buah hati puas mengucapkan keluh kesah, Anda dapat mulai mengajaknya bertukar pikiran untuk menuntaskan masalah tersebut. Lakukan obrolan dengan santai, contohnya sambil bermain. Sampaikan pemikiran kita dengan ucapan-ucapan yang simpel dan dipahaminya. Diskusikan penyelesaian yang dapat diterima anak kita sehinga dia inginkan bersekolah lagi.

Mengingatkan Cita-Cita

Terkadang Anda telah mendiskusikan solusi masalah bersama, tapi motivasi sekolah buah hati Anda telah telanjur menurun. Pernahkah Anda mengupayakan mengatasi anak tidak inginkan sekolah dengan cita-cita?

Mengingatkan anak bakal cita-cita bisa membuka pulang kesadaran bakal pentingnya bersekolah. Hal ini pun akan mendorong anak guna mau menuntaskan masalahnya dan tetap bersekolah untuk menjangkau cita-cita.

Berkomunikasi dengan Wali Kelas

Wali kelas ialah orang tua pengganti sekitar di sekolah. Oleh sebab itu, berkomunikasi dengan beliau sangatlah baik untuk menanggulangi anak tidak inginkan sekolah. Ada kalanya anak mogok sekolah sampai sejumlah hari, sampai-sampai harus segera Anda ucapkan ke wali ruang belajar untuk mohonkan izin. kita juga dapat mengetahui ketertinggalan latihan anak sekitar tidak masuk.

Sumber : http://www.caribbeanweddings.com/click_track.html?r=www.pelajaran.co.id