Diskriminasi di Kantor Saat Sedang Hamil, Ini yang Bisa Dilakukan

Diskriminasi di Kantor Saat Sedang Hamil, Ini yang Bisa Dilakukan

Tidak mendapatkan peluang promosi ketika sedang hamil, sebab perusahaan cemas Anda bakal mengambil libur melahirkan yang panjang atau tak lagi dapat bekerja dengan masa-masa yang luwes setelah kehadiran anak. Tidak diandalkan atau dilibatkan untuk menggarap pekerjaan urgen yang baik dalam pengembangan karier melulu karena kehamilan. Mendapat komentar negatif dari teman kerja sebab mendapatkan keleluasaan kerja. Lebih buruknya lagi, kita dipecat sebab hamil?

Jika pernah merasakan diskriminasi tersebut, menurut keterangan dari Timothy O’Callaghan, seorang pengacara yang pun adalahpakar diskriminasi di lokasi kerja menuliskan hal kesatu yang dilakukan ialah dengan mengangani masalah secara informal terlebih dahulu. Misal, bicara dengan atasan atau orang yang mengerjakan diskriminasi untuk Anda.

Jika teknik tersebut tak membuahkan hasil yang baik atau kita tak nyaman mendiskusikan urusan tersebut bareng orang yang mengerjakan diskriminasi tersebut, maka Anda mesti mencatat surat keluhan untuk HRD atau atasan secara formal.

“Keluhan tertulis itu harus memuat semua kenyataan diskriminasi yang kita derita dan meminta supaya hal itu diperbaiki. Termasuk, penyelesaian apa yang dapat dilakukan dalam menengahi persoalan tersebut,” tutur O’Callaghan dalam suatu wawancara dengan majalah Glamour.

Namun, andai cara-cara itu tak menyerahkan solusi yang menuntaskan masalah, atau andai Anda masih merasa dirugikan dampak diskriminasi yang dilakukan, maka Anda dapat meminta pertolongan kepada pihak ketiga. Misal, dengan mengerjakan aduan untuk Dinas Tenaga Kerja, meminta pertolongan pada lembaga swadaya masyarakat tertentu, atau bergabung dengan serikat pekerja untuk ditolong pencarian solusinya.

“Seringkali, intervensi dari pengacara spesialis kegiatan atau pihak ketiga lainnya dapat menolong Anda menemukan hasil terbaik. Namun yang penting, tidak boleh menyimpan perilaku diskriminasi tersebut sendiri,” tutupnya.

Baca Juga :