Cara Menyikapi Bullying Pada Anak TK

Cara Menyikapi Bullying Pada Anak TK

Berdasarkan monitoring Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), permasalahan bullying menduduki peringkat teratas dalam pengaduan masyarakat ketika ini. Tercatat semenjak tahun 2011 hingga Agustus 2014, KPAI mengejar 369 laporan bersangkutan permasalahan tersebut. Dalam urusan ini, KPAI merujuk pada bullying yang berbentuk kekerasan di sekolah. Angkanya ternyata sudah menggeser diskriminasi pendidikan, tawuran, dan pun pungutan liar. Artinya, bullying mesti disikapi serius oleh semua orang tua, lagipula jika tersebut terjadi pada anak TK. Nah, berikut ialah beberapa teknik untuk menyikapi bullying pada anak TK.

Mendengarkan curhatannya dengan tenang
Dalam menyikapi bullying pada anak TK, urusan kesatu yang mesti kita lakukan ialah mendengarkan si kecil dengan wajah tenang. Rasa panik Anda melulu akan menciptakan anak susah bicara. Oleh karenanya, Anda butuh mempertimbangkan untuk berkata dengannya di lokasi yang sunyi. Lalu berikan ia perhatian penuh.

Meminta pertolongan staf sekolah
Jika anak kita terbukti diintimidasi, segera minta pertolongan pada staf sekolah. Jangan pernah menundanya! Bagaimanapun, guru anak Anda mesti berkolaborasi dengan kita dalam menangani masalah tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mencegah intimidasi lebih lanjut terjadi pada si kecil.

Aktif bertanya mengenai hari-harinya di TK
Untuk menangkal bullying pada anak TK, orang tua mesti aktif bertanya untuk buah hati mereka. Maka, carilah masa-masa untuk bersangkutan dengannya masing-masing hari, baik saat santap malam atau sebelum tidur.

Membahas suatu karakter
Minta anak kita untuk beranggapan tentang bagaimana ia bakal bereaksi andai sesuatu terjadi, seperti saat seseorang terus menuliskan atau mengerjakan hal-hal yang jahat padanya. Anda dapat mengambil misal karakter tertentu dalam suatu film atau dongeng populer.

Ajari anak guna meminta bantuan
Melawan balik seringkali bukan penyelesaian terbaik. Sebaliknya, ajari anak guna pergi dan mencari pertolongan pada guru atau orang dewasa yang sedang di sekitarnya. Seperti disebutkan Joel D. Haber, Ph.D., pengarang Bullyproof Your Child for Life, ada sejumlah taktik yang dapat diajarkan oleh orang tua untuk mengayomi anak mereka dari semua perundung.

Sumber : http://info-dvd.ru/codes/away/?https://www.pelajaran.co.id