Mahasiswa IPB Unjuk Gigi di Ajang Indonesia IT Security Conference

Mahasiswa IPB Unjuk Gigi di Ajang Indonesia IT Security Conference

Mahasiswa IPB Unjuk Gigi di Ajang Indonesia IT Security Conference

Tim yang terdiri dari Akhiyar Waladi, Albert Mario, dan Fachrizal Oktavian ini menyebut diri mereka sebagai Tim Cyber Merpati. Ketiganya merupakan mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Komite IDSECCONF ini bekerja sama dengan

Kementerian Komunikasi dan Informatika RepubIik Indonesia. Tujuannya, memberikan pencerahan ke khalayak, pelajar, mahasiswa maupun kalangan IT security profesional, khususnya mengenai isu keamanan teknologi informasi terbaru.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan informasi terbaru mengenai isu-isu keamanan

informasi. Selain itu, bagi peserta kompetisi, tentunya dapat meningkatkan keterampilan dalam bidang keamanan informasi,” tutur Mario.

Mario dan teman-temannya mengikuti kompetisi bidang keamanan informasi kategori CTF (capture the flag). CFT adalah kompetisi dalam bidang keamanan teknologi informasi yang dilakukan dalam bentuk simulasi. “Kompetisinya yaitu capture the flag yang terbagi menjadi dua, yaitu online dan offline.

Dalam CTF setiap tim terdiri dari 1-3 orang dan diberikan berbagai challange dengan kategori

tertentu, misalnya web hacking dan reversing. Kita diharuskan melakukan hacking untuk mendapatkan flag (jawabannya). Flag inilah yang kemudian dikumpulkan untuk mendapatkan poin,” papar Mario.(c)

 

Sumber :

https://www.pesawarankab.go.id/pages/sejarah-komputer/