Unit Arsip IPB Bantu Benahi Arsip Unit Kerja Lain

Unit Arsip IPB Bantu Benahi Arsip Unit Kerja Lain

Unit Arsip IPB Bantu Benahi Arsip Unit Kerja Lain

Arsip mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup suatu organisasi, oleh karenanya Unit Arsip Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan berbagai program untuk terwujudnya tertib arsip di lingkungan IPB. Salah satu diantaranya dengan melayani permohonan pembenahan arsip pada unit-unit kerja di lingkungan IPB.

Pada periode September-Oktober 2018 lalu, Tim Sub Bagian Akuisisi dan Pengolahan Arsip telah melaksanakan pembenahan arsip dinamis dan statis pada Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (THP FPIK).

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Akuisisi dan Pengolahan Arsip Unit Arsip IPB, Ir. Hirra Nurlaeni,

MM, selaku koordinator kegiatan menjelaskan bahwa untuk terwujudnya tertib arsip sangat penting diperhatikan empat pedoman pengelolaan arsip. Yakni tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip.

Kepala Unit Arsip IPB menuturkan bahwa arsip Departemen THP yang telah tertata sesuai kaidah

kearsipan harus tetap terjaga. Untuk itu Unit Arsip akan melakukan monitoring dan evaluasi serta pembinaan secara kontinyu. Hal ini akan dilaksanakan oleh Tim Sub Bagian Layanan dan Pembinaan Kearsipan yang dikoordinatori oleh Setyo Edi Soesanto, S.Th.I, M.Pd.

“Harapan ke depan, dapat tercipta budaya tertib arsip yang berkesinambungan pada seluruh unit kerja di lingkungan IPB, mendorong pencipta arsip untuk berkoordinasi dengan Unit Arsip agar terselenggara kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundangan yang berlaku,” ujarnya.

Oleh karenanya program berikutnya yang telah direncanakan Unit Arsip yaitu melaksanakan

sosialisasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), membuka konsultasi kearsipan untuk menyelesaikan masalah-masalah kearsipan pada unit-unit kerja di lingkungan IPB

 

Baca Juga :