Partisipasi dalam QS-APPLE Akan Meningkatkan Reputasi IPB

Partisipasi dalam QS-APPLE Akan Meningkatkan Reputasi IPB

Partisipasi dalam QS-APPLE Akan Meningkatkan Reputasi IPB

QS-APPLE 2018 Conference and Exhibition ditutup pada 23 November 2018. Para partisipan satu demi satu kembali ke negaranya masing-masing.

Koordinator Program World Class University IPB, Prof Dr. Anas Miftah Fauzi, yang saat ini juga menjabat sebagai Dekan Sekolah

Pascasarjana IPB. Dimana ia adalah salah satu dari International Academic Advisory Committee Member dalam QS Asia Pacific Professional Leaders in Education Conference and Exhibition (QS-APPLE) 2018.

Tim ini bertugas merumuskan rencana pertemuan internasional yang bertema Future Universities

in The Asia-Pacific: The Changing Face of Higher Education yang merupakan isu relevan pada masa ini.

Prof. Anas juga terpilih sebagai Chair dalam parallel session pada topik internationalizing the student body. Pada bagian ini

diantaranya dibahas mengenai pemanfaatan summer course untuk meningkatkan international student mobility.

Salah satu presentasi yang menarik diantaranya berasal dari pengalaman menggabungkan antara kegiatan pendidikan dengan pencapaian sustainable development goals (SDGs).

Menurut Prof Anas, keikutsertaan IPB dalam program QS-APPLE ini sedikitnya memiliki tiga manfaat strategis. Pertama untuk visibility.

Kedua, networking, terutama untuk beberapa program yang baru dimulai, seperti summer course, program dual degree dan program double degree.

Juga termasuk kerjasama beasiswa. Selama tiga hari penyelenggaraan QS-APPLE 2018 ini sejumlah universitas telah datang ke IPB

untuk menawarkan beasiswa. Ketiga, conference ini adalah kesempatan belajar dari setiap

parallel session untuk menemukan ide-ide baru

dalam berbagai program untuk pengembangan IPB.

Bagi IPB kesempatan ini juga baik untuk melakuan promosi, khususnya untuk program-program internasional, inovasi dan kewirausahaan.

“Saya berharap setiap tahun ada perwakilan dari IPB yang melakukan presentasi. Dari situ kita

bisa terus berpromosi sehingga IPB akan

semakin dikenal dan dengan demikian reputasi IPB semakin meningkat,” ujar Prof. Anas.

Prof. Anas berharap di tahun mendatang IPB dapat berperan lebih aktif lagi dalam kegiatan ini dengan mempersiapkan kegiatan lebih awal dan lebih baik lagi

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/