Pentingnya Kedisiplinan untuk Karakter Siswa di SLBN Garut Kota

Pentingnya Kedisiplinan untuk Karakter Siswa di SLBN Garut Kota

Pentingnya Kedisiplinan untuk Karakter Siswa di SLBN Garut Kota
Pentingnya Kedisiplinan untuk Karakter Siswa di SLBN Garut Kota

Kedisiplinan dirasa sangat penting di terapkan di lingkungan SLB Negeri Garut Kota. Kepala SLBN Garut Kota, Eti Suhaeti mengatakan sikap disiplin tersebut merupakan keteladanan bagi para siswa. Anak-anak akan meniru keteladanan, hingga membentuk sebuah karakter. Dengan mengkondisikan anak-anak dengan karakter disiplin, maka mereka akan terbiasa hingga akan muncul pembudayaan.

“Anak-anak didik kami, akan terbentuk karakter, sehingga kepribadian dari setiap anak dan guru

akan menjadi baik. Hal tersebut tentunya telah dibantu oleh guru-guru yang sangat loyalitas dan berdedikasi, sehingga terasa sekali antusiasi, dukungan, dan motivasi untuk semuanya,” ujar Kepsek, saat dijumpai Kamis, 22 November 2018.

Kepsek mengatakan ia telah membentuk tim yaitu guru-guru dan tenaga kependidikan dengan banyak potensi. Ia juga telah membagi tugas sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki para guru. Selain itu, ia juga menerapkan kedisiplinan untuk dirinya sendiri dan setiap guru.

“Seluruh proses dan prestasi yang telah di dapat oleh SLBN Garut Kota semua ini berkat dukungan, kerjasama, dan kekompakan semuanya. Mulai dari para guru, tenaga pendidik, hingga orang tua murid,” ujar Kepsek.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SLBN Garut Kota sempat mendapatkan prestasi sebagai guru berdedikasi dan kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat. Dengan mendapatkan gelar tersebut, ia merasa memiliki tanggung jawab besar dalam menjadikan sekolah tersebut untuk unggul dan berprestasi.

SLB Negeri Garut Kota merupakan salah satu sekolah yang menerima Apresiasi Sekolah Sahabat

Keluarga dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Program tersebut dirancang untuk meningkatkan layanan pendidikan dengan melibatkan orang tua dan pihal lain di lingkungan sekolah.

Selain itu, SLBN Garut Kota juga merupakan lembaga pendidikan yang memiliki program, sarana dan prasarana, dan manajemen sekolah dengan mengambangkan minat dan bakat para siswa. Sekolah yang berlokasi di Jalan Hasan Arif, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut ini, menerapkan pendidikan yang ramah, nyaman, dan menyenangkan di lingkungan sekolah. Terdapat pula seluruh jenjang pendidikan mulai dari TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB, dengan melayani seluruh kekhususan siswa yang berkebutuhan khusus.

Kepsek mengatakan pada tahun ajaran ini, SLB Negeri Garut Kota memiliki jumlah siswa

sebanyak 137 orang. Mulai dari siswa kekhususan SLB-A (tuna netra), SLB-B (tuna rungu), SLB-C (tuna grahita), dan SLB-D (tuna daksa). Seluruh siswa telah dibimbing oleh 51 orang guru dan tenaga kependidikan.***

 

Baca Juga :