Beasiswa Rp 5,5 M bagi Warga Jember untuk Kuliah di Universitas Terbuka

Beasiswa Rp 5,5 M bagi Warga Jember untuk Kuliah di Universitas Terbuka

Beasiswa Rp 5,5 M bagi Warga Jember untuk Kuliah di Universitas Terbuka
Beasiswa Rp 5,5 M bagi Warga Jember untuk Kuliah di Universitas Terbuka

Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat menyatakan pihaknya mendapat dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi. Pemda menyediakan anggaran untuk masyarakat agar dapat melanjutkan pendidikan di UT, sehingga misi menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di berbagai bidang dan kompetitif, bisa segera terwujud.

Salah satu dukungan diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur. Pemkab Jember mengalokasikan dana Rp 5,5 miiar bagi warganya melanjutkan pendidikan pada program diploma, sarjanan strata satu (S-1) hingga pascasarjana (S-2).

 

“Apa yang dilakukan oleh Pemda Jember ini seperti gayung bersambut untuk mewujudkan target

Menristekdikti Mohamad Nasir agar UT dapat membantu pemerintah meningkatkan APK pendidikan tinggi dengan memiliki mahasiswa sebanyak satu juta orang,” kata Ojat pada acara Wisuda Periode I Tahun Akademik 2018/2019 Wilayah I di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) di Pondok Cabe, Tangerang, Banten, Selasa (6/11).

Dikatakan, skema pendidikan jarak jauh (PJJ) yang diterapkan UT selama 34 tahun ini merupakan amanat negara agar dapat menjangkau semua masyarakat di seluruh Tanah Air, bahkan di luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi. Data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menunjukkan APK pendidikan tinggi Indonesia sebesar 31,5%, berada di bawah Malaysia (37,2%), Thailand (51,2), Singapura(82,7%), dan Korea Selatan (98,4%).

Langkah Pemkab Jember, lanjutnya, hendaknya diikuti daerah lain, sehingga target Indonesia memiliki SDM berdaya saing tinggi dapat segera terwujud. Pihaknya juga menyasar calon mahasiswa di daerah pinggiran yang tidak tertampung perguruan tinggi negeri maupun swasta melalui kemitraan dengan pemda.

Sementara itu, Bupati Jember, Faida mengatakan, sejak 2016 pihaknya mengalokasikan dana

untuk peningkatan kualitas SDM. Salah satunya melalui beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga ekonomi kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tahun ini, pihaknya mengalokasikan 31% APBD untuk anggaran pendidikan d

engan nilai Rp 80 miliar.

Khusus beasiswa Rp 5,5 miliar di UT, Faida menyatakan dana tersebut untuk membayar uang

kuliah dan biaya hidup Rp 750.000 per bulan bagi 846 mahasiswa.

“Pemda Jember sangat mendukung hadirnya UT karena membantu meningkatkan SDM masyarakat. UT ini solusi atau jalan tengah yang hadir karena menggunakan sistem pendidikan jarak jauh. UT hadir hingga di pelosok daerah,” ujarnya.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/