Jenis-jenis Luka (Vulnus) Berdasarkan Penyebabnya

Jenis-jenis Luka (Vulnus) Berdasarkan Penyebabnya

Jenis-jenis Luka (Vulnus)
Kata Luka dalam bahasa latin adalah “Vulnus”. Sehingga umumnya kalau sebuah diagnosa di awali dengan huruf “V” maka akan terjalin dengan luka. Berikut adalah 10 style luka & perawatan awalnya.

1. Vulnus Laceratum (Laserasi)

Vulnus Laceratum atau di singkat “VL” adalah luka yang membuat robek pada kulit dengan identifikasinya mempunyai dimensi panjang, lebar & dalam. Biasanya Vulnus Laceratum diakibatkan karena terjatuh, terkena ranting pohon, terkena batu sehingga mengakibatkan robekan pada kulit.

2. Vulnus Excoriasi (Luka Lecet)

Vulnus Excoriasi atau di singkat “VE” adalah luka yang di akibatkan terjadi gesekan dengan benda keras. Cara mengidentifikasikan Vulnus Excoriasi adalah luka yang mempunyai Panjang & Lebar, Berbeda dengan “VL” yang mempunyai kedalaman luka. Sebagai perumpamaan luka lecet akibat terjatuh berasal dari motor sehingga terjadi gesekan pada anggota tubuh dengan aspal.

3. Vulnus Punctum (Luka Tusuk)

Vulnus Punctum atau di singkat “VP” adalah luka akibat tusukan benda tajam, yang membuat luka sempit & dalam.

4. Vulnus Contussum (Luka Kontusiopin)

Vulnus Contussum atau di singkat “VC” adalah luka akibat pecahnya pembuluh darah di bawah kulit, tidak terjadi robekan & pendarahan keluar. Vulnus Contussum terjadi akibat benturan keras sehingga mengakibatkan warna merah kehitaman atau kebiruan pada kulit.

5. Vulnus Insivum (Luka Sayat)

Vulnus Insivum atau di singkat “VI” adalah style luka kecil & tidak tebal yang di sengaja dalam proses pengobatan.

6. Vulnus Schlopetorum

Vulnus Schlupetorum atau di singkat “VS” adalah style luka yang dalam akibat terkena peluru atau tembakan senjata.

7. Vulnus Morsum (Luka Gigitan)

Vulnus Morsum atau di singkat “VM” adalah style luka yang disebabkan oleh gigitan gigi, baik itu oleh manusia ataupun hewan.

8. Vulnus Perforatum

Vulnus Perforatum adalah luka tembus yang merobek dua sisi tubuh yang disebabkan oleh senjata tajam seperti panah, tombak atau pun proses infeksi yang sudah meluas sehingga melalui selaput serosa/epithel organ jaringan tubuh.

9. Vulnus Amputatum
Vulnus Amputatum adalah luka yang di akibatkan terputusnya keliru satu anggota tubuh, biasa di kenal dengan amputasi. Luka yang di membuat oleh amputasi di sebut Vulnus Amputatum.

10. Vulnus Combustion (Luka Bakar)

Bulnus Combustion adalah style luka bakar yang di akibatkan rusaknya jaringan kulit akibat thermis, radiasi, elektrik ataupun kimia.

Demikianlah ulasan tentang Jenis-jenis Luka, yang pada peluang yang baik ini sanggup dibahas disini. Semoga ulasan di atas sanggup bermanfaat. Kiranya cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf & semoga kamu sukses!!!

baca juga :