Taman Mini Indonesia Indah sebagai Media Pelestarian

Taman Mini Indonesia Indah sebagai Media Pelestarian

Taman Mini Indonesia Indah sebagai Media Pelestarian
Taman Mini Indonesia Indah sebagai Media Pelestarian

Semua budaya Nusantara hampir semua ada di TMII

sehingga bisa dijadikan museum budaya Nusantara dari masa kemasa, sehingga kita akan merasa dekat dan mengenal adat dan budaya antar provinsi di negeri ini sehingga akan menumbuhkan rasa sebangsa, rasa bersatu dan rasa memiliki negeri ini.Kita tentu masih ingat dengan semboyan negara sebagai dasar persatuan bangsa, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”  yang artinya walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Hal ini mengandung makna bahwa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku budaya dan adat-istiadat yang berbeda sehingga harus diterima sebagai kekayaan bangsa yang senantiasa dijunjung tinggi keluhurannya serta masyarakatnya yang selalu dapat menjaga dan menghargai perbedaan tersebut.

Bhinneka Tunggal Ika yang sangat dekat dengan keragaman ‘budaya’ ini harus senantiasa dilestarikan agar tetap bisa dimiliki & dinikmati oleh anak cucu di masa mendatang. Namun di zaman modern saat ini, aneka ‘budaya Indonesia’ seakan hampir punah dan sulit dilestarikan karena terkalahkan oleh kultur kehidupan masa kini yang serba simpel dengan gaya generasi muda yang lebih suka untuk nonton film di bioskop, menghabiskan waktu di tempat karaoke, belanja di mall ataupun berbagai aktivitas lain yang dianggap lebih menarik daripada sekedar menonton wayang, tarian tradisional atau mempelajari rumah adat dan berbagai suku di Indonesia.

TMII sering disebut sebagai ‘pusat kebudayaan’ karena semua unsur kebudayaan berkumpul jadi satu, ‘pusat edukasi’ karena banyak wahana bernilai pendidikan yang bermanfaat sebagai sumber ilmu bagi para generasi muda serta ‘pusat refreshing’ dimana disini disediakan berbagai macam wahana hiburan terbaik yang dapat membuat kita lebih rileks. Dengan mengunjungi TMII yang harga tiket masuknya terjangkau, secara otomatis kita bisa ikut menikmati pelestarian budaya bangsa Indonesia yang beraneka ragam jenisnya.

 

Bukti bahwa TMII merupakan media pelestarian seni budaya bangsa:

TMII Mengenalkan Keragaman Budaya Indonesia

TMII menyediakan berbagai wisata budaya, diantaranya adalah Anjungan Daerah. Anjungan merupakan miniatur provinsi yang memberikan pengetahuan tentang budaya dari tiap provinsi sekaligus digunakan sebagai tempat pameran dan peragaan berbagai benda sejarah, pakaian adat, peralatan kesenian, hasil kerajinan, dan benda-benda budaya lain yang merupakan warisan bangsa yang tak ternilai harganya. Dengan bertambahnya provinsi yang ada di Indonesia, anjungan baru pun selalu dibangun sehingga membuktikan bahwa TMII secara kontinyu menawarkan perkembangan budaya Indonesia yang up to date dan memberikan banyak edukasi baru bagi pengunjungnya.

 

TMII Mempertahankan Sejarah Agar Tidak Tergilas Oleh Zaman

Untuk mempertahankan budaya agar tak tergilas oleh zaman,  TMII menawarkan puluhan museum dalam 1 area, diantaranya Museum Indonesia, Museum Pusaka, Museum Perangko, Museum Transportasi dan sebagainya. Museum-museum ini adalah simbol sejarah yang masih dipertahankan hingga saat ini sebagai ‘peringatan’ atas berbagai perkembangan dunia di masa lalu. Selain itu, simbol sejarah lainnya yang masih dipertahankan TMII terbukti juga dengan adanya pasar buku langka yang menyediakan berbagai ‘buku tua’ yang saat ini mungkin sangat sulit didapatkan. Buku-buku ini bisa Anda jadikan barang antik yang nantinya dapat Anda wariskan pula ke anak cucu di masa mendatang.

 

TMII Menggelar Berbagai Event Budaya Tradisional Dan Modern

Dalam berbagai kesempatan, TMII menggelar berbagai jenis tarian daerah yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan berbagai seni teater tradisional hingga modern, seperti Ketoprak Gobyok Campur Sari, Ludruk, wayang wong tradisional dimana acaranya sering didukung oleh artis-artis, pelawak, dramawan dsb. Bagi Anda yang suka musik tradisional dan modern, jangan khawatir karena TMII juga menyelenggarakan berbagai event menarik untuk mengembangkan apreasiasi masyarakat terhadap musik, diantaranya  karawitan Jawa, Sunda dan Bali, Angklung, Gambang Kromong, Sasondo, Talempong, musik-musik pop, aneka musik dangdut, keroncong, pop dan jazz untuk menghibur para pengunjung.

Baca Juga :