Gubernur BI Terplih Sebagai Ketua Umum ISEI Pusat

Gubernur BI Terplih Sebagai Ketua Umum ISEI Pusat

Gubernur BI Terplih Sebagai Ketua Umum ISEI Pusat
Gubernur BI Terplih Sebagai Ketua Umum ISEI Pusat

BANDUNG – Konggres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ke-20 berlangsung di Hotel Trans Luxury Bandung memutuskan Gubenur BI Perry Warjiyo sebakai ketua ISEI periode 2018-2021.

Sejumlah rencana kerja dalam konggres sudah disepakati dan menjadi agenda kerja ISEI dan pengurus yang baru. Hal yang menjadi perhatian utama adalah upaya untuk meningkatkan perkonomian dengan sinergitas antara kelompok usaha informal dan formal.

“Akses dan kesempatan yang harus diberikan kepada sektor informal untuk memperoleh fasilitas

sumber pembiayaan, fasilitas pendidikan dan ketrampilan, dan fasilitas untuk bekerjasama dengan sektor formal termasuk dalam hal ekonomi digital (e-commerce),” jelasnya, Jumat (10/8).

Menurutnya, hambatan utama dalam kebijakan perdagangan dalam negeri, termasuk sektor informal adalah regulasi, infrastruktur, pertanahan, perijinan usaha, perpajakan, dan pengembangan SDM.

Solusi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan adalah pengurusan SIUP dan Tanda Daftar

Perusahaan (TDP) secara simultan, penghapusan pendaftaran ulang Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP), penyederhanaan pembuatan TDP, dan pelayanan secara elektronik (SIPO).

Upaya yang lain untuk meningkatkan perdagangan domestik adalah revitalisasi pasar tradisional (fisik dan sumberdaya manusia), menyediakan pasar e-commerce, regulasi perdagangan elektronik (PP) dan menyiapkan roadmap perdagangan dalam negeri.

“Usaha mikro dan kecil harus diberi ruang untuk berkembang lebih cepat, khususnya dengan

memperkuat pasar melalui peningkatan jumlah dan kualitas sumber daya manusia yang mampu menerapkan teknologi informasi secara luas, dukungan faktor modal dan kelembagaan yang kuat sehingga mampu meningkatkan produktivitas perekonomian secara keseluruhan,” tuturnya. (jo)

 

Baca Juga :