Mengenal Tentang Dilophosaurus

Mengenal Tentang Dilophosaurus

Mengenal Tentang Dilophosaurus
Mengenal Tentang Dilophosaurus

Dilophosaurus

adalah dinosaurus yang badanya ramping, lincah, larinya kencang, dan berjalan dengan menggunakan kedua kakinya. Dengan kondisi tersebut, mereka dengan mudah menyusul sebagian besar dinosaurus lainnya, untuk dijadikan mangsa dan, dengan bersenjatakan lengan  dan kakinya yang dilengkapi dengan cakar-cakar yang tajam, mereka dapat merobek daging korbannya dengan mudah.

Dilophosaurus memiliki sepasang tonjolan bertulang tipis, di kepala, bentuknya hampir semi sirkuler, mirip mahkota. Mahkota itu terlalu rapuh untuk dipergunakan pada saat bertarung, tetapi para ahli menduga mahkota ini digunakan oleh pejantan untuk dipamerkan kepada sang betina atau sebagai peringatan yang ditunjukkan untuk menakuti musuhnya.

Panjangnya sekitar 20 kaki (6 m), panjang kakinya sekitar 5 kaki (1.5 m) dan beratnya sekitar 650 – 1,000 pounds (300 kg – 450 kg). Dilophosauus mempunyai lengan yang pendek, dilengkapi 3 jari tangan dan memiliki kaki yang kuat dengan 4 jari di kakinya (1 jari berbentuk seperti taji) Baik jari tangan maupun jari kaki, masing-masing dilengkapi dengan cakar yang tajam. Tulang-tulangnya berongga dan tulang lehernya  berbentuk huruf “S”. 

Dilophosarus termasuk kelompok theropod, dinosaurus pemakan daging (karnivora), yang hidup pada periode Jurassic awal, sekitar 201 – 189 juta tahun yang lalu. 

Pada masa itu, di Amerika Utara, terdapat dinosaurus yang lebih kecil dari Dilophosaurus, yang hidup pada masa itu antara lain:

  • Pemakan daging (Karnivora) : Coelophysis (panjang sekitar 10 kaki = 3 m), Syntarsus, dan Segisaurus
  • Pemakan segala (omnivora) : Massopondylus dan Anchisaurus
  • Pemakan tumbuhan (herbivora) : Scutellosaurus dan Ammosaurus.

Dilophosaurus diduga hidup, berjalan dan berburu bersama, dalam suatu kelompok, karena ditemukannya tiga spesimen bersama-bersama di Arizona , AS. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat berburu mangsa yang lebih besar dari mereka

Seperti halnya Dilophosaurus, Coelophysis, saudara dari Dilophosaurus, juga pemangsa yang ganas dan pelari cepat. Ratusan kerangka dari dinosaurus ini ditemukan di sebuah situs di New Mexico, tahun 1947, memperlihatkan bahwa, seperti Dilophosaurus, dinosaurus bermahkota, mereka juga hidup dan berburu dalam kelompok, yang memungkinkan mereka berburu mangsa yang lebih besar dari mereka sendiri.

Makanan

Dilophosaurus adalah Karnivora, pemakan daging. Ia mempunyai rahang yang agak longgar, sehingga untuk dapat membunuh mangsanya dangan gigi-giginya adalah sulit. Ia harus membunuh mangsanya dengan cakar yang ada di jari-jari tangannya maupun di kakinya dan atau memakan bangkai.

Pergerakan 

Dilophosaurus berjalan dengan kedua kakinya yang kuat berotot dan relatif tergolong pada dinosaurus yang dapat berlari kencang dan meninggalkan jejak kaki di tanah seperti burung. Beberapa fosil jejak kaki yang ditemukan hanya menunjukkan jejak-jejak dari cakar-cakar kaki. Ini menunjukkan bahwa saat itu Dilophosaurus diduga sedang berjalan di atas air. Panjang kakinya sekitar 1.65 m dan jarak antara dua jejak kaki yang, ditemukan sekitar 2,13 m 

Penemuan Fosil-fosil

Fosil tulang Dilophosaurus, pertama kali ditemukan tahun 1940 di Arizona , AS. Pada saat pertama kali ditemukan, fosil Dilophosaurus diduga fosil milik Megalosaurus. Tetapi ketika juga ditemukan kerangka kepala yang bermahkota ganda, bersamaan dengan kerangka yang lebih lengkap, barulah para ahli mengenali bahwa Dilophosaurus sebagai dinosaurus yang berbeda.


Nama Dilophosaurus pertama kali diberikan oleh Samuel P. Welles, tahun 1970. Pada saat itu ditemukan tiga Fosil Dilophosaurus secara bersamaan, di AS, dan kesemuanya ditemukan di Arizona. Sekarang kesemuanya berada dan disimpan di Museum Paleontologi Universitas California, di Berkeley, USA. Specimen lain juga telah ditemukan di Yunnan, China, tahun 1986, oleh tim dari museum Kunming

Klasifikasi

Dilophosaurus termasuk dalam: 

  • Kingdom Animalia
  • Phylum Chordata
  • Class Archosauria
  • Order Saurischia
  • Suborder Theropoda
  • Family Ceratosauria (Coelophysoidea – theropod paling primitive, termasuk di dalamnya adalah Dilophosaurus dan Segisaurus)
  • Genus Dilophosaurus
  • Species
    • D. wetherilli,  spesies ini dinamakan oleh Welles pada tahun 1954, tapi spesies ini sebenarnya adalah Megalosaurus).

 

(Sumber: https://pengajar.co.id/)