Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli
Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli

Yusuf Qardhawi

Menurut Yusuf Qardhawi, Ekonomi Syariah yaitu ekonomi yang berdasarkan pada ketuhanan. Esensi sistem ekonomi ini bertitik tolak dari Allah, tujuan alhasil kepada Allah, dan memanfaatkan sarana yang tidak lepas dari syari’at Allah.

Umer Chapra

Menurut Umer Chapra, Ekonomi ISlam yaitu suatu cabang ilmu pengetahuan yang membantu insan dalam mewujudkan kesejahteraannya melalui alokasi dan distribusi banyak sekali sumber daya langka sesuai dengan tujuan yang ditetapkan berdasarkan syariah (al-‘iqtisad al–syariah) tanpa mengekang kebebasan individu secara berlebihan, membuat ketidakseimbangan makroekonomi dan ekologi, atau melemahkan solidaritas keluarga dan sosial serta ikatan etika yang terjalin di masyarakat.

Muh. Nejatullah ash-Shiddiqi

Menurut Muh. Nejatullah ash-Shiddiqi, Ekonomi Islam yaitu jawaban atau respon para pemikir muslim terhadap banyak sekali tantangan ekonomi pada masa tertentu. Dalam hal ini mereka dituntun oleh Al-Qur’an dan sunnah serta nalar (pengalaman dan ijtihad).

M.M. Metwally

Menurut M.M. Metwally, Ekonomi Islam yaitu ilmu yang mempelajari sikap muslim (yang beriman) dalam suatu masyarakat Islam yang mengikuti al Qur’an, Hadis, Ijma dan Qiyas.

Ziauddin Ahmad

Menurut Ziauddin Ahmad, Ekonomi Islam yaitu upaya pengalokasian sumber-sumber daya untuk memproduksi barang dan jasa sesuai petunjuk Allah SWT untuk memperoleh ridha-Nya.

M. Syauqi Al-Faujani

Menurut M. Syauqi Al-Faujani, Ekonomi Syariah yaitu segala acara perekonomian beserta aturan-aturannya yang didasarkan kepada pokok-pokok aliran Islam wacana ekonomi.

S.M. Hasanuzzaman

Menurut S.M. Hasanuzzaman, Ilmu Ekonomi Islam yaitu pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencarian dan pengeluaran sumber-sumber daya, guna menawarkan kepuasan bagi insan dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakat.Dr. Mardani
Menurut Dr. Mardani, Ekonomi Syariah yaitu perjuangan atau kegiatan yang dilakukan oleh pasar per orang atau kelompok orang atau tubuh perjuangan yang berbadan aturan atau tidak berbadan aturan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidak komersial berdasarkan prinsip syariah.

Muh. Abdul Mannan
Menurut Muh. Abdul Mannan, Ilmu Ekonomi Islam yaitu suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang mempunyai nilai Islam.

Khursid Ahmad
Menurut Khursid Ahmad, Ilmu Ekonomi Islam yaitu suatu upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan sikap insan dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.

M. Akram Khan
Menurut M. Akram Khan, Ilmu Ekonomi Islam yaitu ilmu yang mempelajari kesejahteraan insan (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi. (http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/lembaga-agama/)

Veithzal Rivai dan Andi Buchari
Menurut Veithzal Rivai dan Andi Buchari, Ekonomi Islam yaitu suatu ilmu multidimensi atau interdisiplin, komprehensif dan saling terintegrasi, meliputi ilmu Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Sunnah serta ilmu-ilmu rasional. Dengan ilmu tersebut, insan sanggup mengatasi keterbatasan sumber daya untuk mencapai kebahagiaan.

Wikipedia
Menurut Wikipedia, Ekonomi Syariah yaitu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.

Louis Cantori
Menurut Louis Cantori, Ekonomi Islam yaitu upaya merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi insan dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.

Muhammad Abdullah Al-Arabi (1980:11)
Menurut Muhammad Abdullah Al-Arabi, Ekonomi Syariah yaitu sekumpulan dasar-dasar umum ekonomi yang kita simpulkan dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan merupakan bangunan perekonomian yang kita dirikan di ats landasasn dasar-dasar tersebut sesuai dengan tiap lingkungan dan masa.

Monzer Kahf

Menurut Mohzer Kahf dalam bukunya “The Islamic Economy”, Ekonomi Islam yaitu bab dari ilmu ekonomi yang bersifat interdisipliner dalam arti kajian ekonomi syariah tidak sanggup berdiri sendiri, tetapi perlu penguasaan yang baik dan mendalam terhadap ilmu-ilmu syariah dan ilmu-ilmu pendukungnya juga terhadap ilmu-ilmu yang berfungsi sebagai tools of analysis menyerupai matematika, statistik, logik dan ushul fiqih.

Hasanuz Zaman

Menurut Hasanuz Zaman, Ekonomi Islam yaitu pengetahuan, aplikasi dan aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam undangan dan pembuangan sumber daya material untuk menawarkan kepuasan kepada manusia. Tidak hanya itu, Ekonomi Islam juga memungkinkan mereka untuk melaksanakan kewajiban mereka kepada Allah dan masyarakat.