Hentikan Penyebaran Hoaks di Media Sosial

Hentikan Penyebaran Hoaks di Media Sosial

 

Hentikan Penyebaran Hoaks di Media Sosial

Pasca peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang,beredar sejumlah informasi di media sosial

Informasi tersebut berupa video atau foto-foto puing-puing pesawat, hingga korban-korban. Tak jarang informasi tersebut tidak sesuai fakta atau sering ktia sebut hoaks. Padahal melalui siaran pers yang dikeluarkan Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), kementerian sudah memberikanperingatan agar tidak sebar hoaks berkaitan dengan kecelakaan pesawat.

Penyebaran hoaks di media sosial

mengenai peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang beragam. Hal ini terjadi akibat arus informasi di media sosial begitu cepat dan tidak ada ‘penyaring’.  Padahal dampak yang ditimbulkan dari penyebaran hoaks tersebut begitu besar. Tidak hanya kepada orang yang berkaitan dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, akan tetapi untuk masyarakat luas.

Seperti yang dirilis situs Keminfo

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengajakwarganet di tanah air untuk menahan diri dengan tidak menyebarkan konten informasi hoaks dan foto kondisi korban musibah Lion Air JT610. Dengan tidak menyebar informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, menurut Menteri Kominfo akan dapat membantu keluarga korban

“Dalam kondisi ini kita bisa bantu dengan tahan diri untuk tidak bebani keluarga korban dengan hoaks dan foto-foto kondisi korban,” ujarnya.

hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion

Sehubungan dengan beredarnya sejumlah informasi hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1.      Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10).

2.      Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengimbau warga net Indonesia untuk TIDAK menyebarkan informasi hoaks ataupun informasi yang bukan berasal dari sumber berwenang terkait dengan musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

3.      Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga mengimbau warga net untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 melalui media apapun termasuk media sosial.

4.      Kami ingatkan kembali bahwa setiap aktivitas kita di ruang siber (cyber space), termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya Informasi hoaks diatur dengan UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

 

Artikel Terkait: