Tujuan Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi

Pendidikan pancasila memang salah satu konteks pendidikan yang sangat penting untuk dipahami karena pendidikan pancasila dapat mengatur dan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang negara Indonesia berdasarkan aspek sosial, ekonomi bahkan juga yuridis dan interprudensi sekalipun.

Tujuan Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi
Tujuan Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi

 

Pendidikan pancasila memang sangat penting bagi warga negara Indonesia. Pendidikan pancasila sendiri merupakan salah satu aspek yang sangat baik karena akan memberikan banyak dampak bagi setiap sisi kehidupan di Indonesia. Karena itu pembelajaran tentang pancasila tak hanya sangat perlu untuk pembelajaran pada dunia pendidikan SD, SMP atau SMA saja karena pendidikan pancasila juga sangat penting dipelajari bahkan sampai di perguruan tinggi sekalipun. Lantas kira – kira apa saja tujuan pendidikan pancasila di perguruan tinggi?

Tujuan Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi

Seperti kesimpulan sebelumnya bahwa memang pendidikan pancasila sendiri memang sangat penting bahkan sangat penting dipelajari di perguruan tinggi. Ada banyak tujuan pendidikan pancasila di perguruan tinggi diantaranya :

Memperkuat pancasila

Karena pancasila merupakan sebuah dasar falsafah negara dan juga menjadi sebuah ideologi bangsa maka pancasila sangat perlu diperkuat kehadirannya. Salah satu cara memperkuat kedudukan pancasila yaitu dengan melalui adanya pola revitalisasi nilai – nilai dasar pancasila dan juga dijadikan sebagai sebuah norma dasar kehidupan dalam rangka bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara. Karena itu pendidikan pancasila bagi warga negara menjadi sangat penting.

Memberikan pemahaman dan penghayatan atas nilai dasar pancasila

Salah satu aspek lain yang turut menjadi sebuah tujuan pendidikan pancasila yaitu dapat dijadikan sebagai sarana memberikan pemahaman serta penghayatan atas jiwa dan juga nilai – nilai dasar pancasila kepada para mahasiswa sebagai warga negara republik Indonesia. Dan juga serta dapat dijadikan sebagai langkah pembimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan juga bagi kehidupan bernegara.

Menyiapkan mahasiswa yang cerdas dan berpikir kritis

Salah satu cara lain yang dapat ditemukan dari tujuan pendidikan pancasila di perguruan tinggi yaitu dapat dijadikan sebagai sebuah solusi dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang mampu menganalisis terhadap berbagai macam persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara. Semua ini juga turut melalui sistem pemikiran yang didasarkan atas nilai – nilai pancasila dan juga undang – undang dasar 1945.

Membentuk sikap mental mahasiswa yang baik

Tujuan lain dari adanya pendidikan pancasila yaitu dapat dijadikan sebagai sebuah langkah dalam pembentukan sikap mental mahasiswa yang dapat memberikan apresiasi atas nilai – nilai ketuhanan, nilai – nilai kemanusiaan, nilai – nilai cinta tanah air dan kesatuan bangsa. Dengan demikian para mahasiswa akan dapat berinteraksi dengan dinamika internal dan juga eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

Demikian sedikit informasi tentang Tujuan Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. referensi  https://www.sekolahbahasainggris.com/