Tahukah Anda, IQ Bukanlah Kunci Kecerdasan?

Jika berbicara tentang kecerdasan seseorang, khususnya seorang anak ini mungkin saja Anda akan langsung menghubungkannya dengan IQ (intelligence quotient). IQ ini sering sekali jadi panduan dari kecerdasan seseorang untuk bisa masuk ke sekolah atau pun di terima kerja.

Tahukah Anda IQ Bukanlah Kunci Kecerdasan
Tahukah Anda IQ Bukanlah Kunci Kecerdasan

Anda sendiri pun mungkin saja sudah sangat akrab sekali dengan tes-tes seperti yang bertujuan sama, yakni mengetahui skor IQ. Lantas, bagaimana jika skor IQ anak Anda hanya sebatas rata-rata saja? Jangan berkecil hati terlebih dulu, apalagi sampai memberikan hukuman bagi anak Anda dengan setumpuk buku pelajaran. Hidup seseorang tak sepenuhnya akan bergantung pada IQ kok bund.

IQ bukanlah satu-satunya kunci kecerdasan

Untuk bisa menggolongkan kecerdasan sih kecil, IQ ini bukan satu-satunya patokan utama yang telah mendasari kecerdasan anak kok bund. Umumnya skor IQ banyak digunakan untuk seperti yang telah kami sebutkan di atas, yakni nilai untuk ukur kecerdasan akademik atau pun IQ verbal bagi anak, yakni kemampuan anak untuk belajar yang cepat dengan cara membaca dan juga menulis.

Tiap anak pada dasarnya adalah terlahir cerdas. Akan tetapi kecerdasan yang seperti apa paling menonjol dari anak berbeda-beda. Hasil sebuah penelitian telah menunjukkan bahwaannya kecerdasan anak ini tak hanya meliputi kecerdasan intelektual saja. Kecerdasaan anak juga bisa dalam multiple intelligence. Berikut ini adalah beberapa jenis kecerdasaan pada anak yang harus Anda tahu.

  • Linguistic verbal. Kecerdasan ini umumnya digunakan oleh institute pendidikan untuk ukur IQ anak seperti yang telah kami jelaskan di atas. Umumnya berkisar pada kemampuan sih anak dalam menggunakan kata-kata secara efektif.
  • Kecerdasaan yang ada kaitannya dengan angka atau pun matematika, termasuk halnya dengan kemahiran dalam menggunakan logika.
  • Kecerdasan gambar dan juga visualisasi yang ada kaitannya dengan kreatifitas seperti desain dan seni.
  • Kinestetik jasmani. Kecerdasaan yang ada kaitannya dengan kemampuan fisik, seperti olahraga dan gerak pada penari maupun atlet. Termasuk halnya orang yang cepat belajar dengan cara menyentuh, melihat, dan juga mengerjakan sesuatu secara langsung.
  • Kecerdasan yang telah dimiliki oleh orang yang bisa berhubungan dengan alam, misalnya saja tumbuh-tumbuhan, dan binatang.
  • Kecerdasaan yang mana dia akan dapat memahami dan juga berkomunikasi dengan sangat mudahnya bersama orang lain.
  • Kemampuan untuk ketahui kelebihan dan juga kekurangan, termasuk halnya mengendalikan serta mengatur diri sendiri. Kecerdasan satu ini juga sering sekali disebut kecerdasan emosi atau pun emotional intelligence, yang mana kecerdasan tersebut memiliki peranan yang cukup penting sekali dibandingkan dengan kecerdasan lainnya.

Demikian informasi tentang IQ bukanlah kunci kecerdasan yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com