Cara Mengobati Luka Lecet di Kaki Akibat Sepatu baru

Cara Mengobati Luka Lecet di Kaki Akibat Sepatu baru

Saat anda berjalan memakai sepatu yang terlampau besar ataupun terlampau kecil, anda akan menikmati tidak nyaman pada unsur tertentu di kakimu. Itulah yang disebut blister. Blister ialah kondisi lecet pada kaki dampak sepatu baru ataupun sepatu yang kekecilan. Keadaan kulit yang melepuh di unsur kaki ini memang menjadi gangguan yang sangat menyakitkan ketika kita memakai sepatu yang tidak cukup sesuai.

Nah, situasi kulit yang laksana ini memang dapat membuat kulit yang tidak nyaman dan tentunya akan membuat anda membutuhkan tidak sedikit plester guna kakimu. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai penyebab, solusi, dan teknik mencegah lecet secara tuntas supaya kamu dapat dengan nyaman memakai sepatu fancy anda kapanpun dan di manapun pun tanpa adanya blisters. Simak selengkapnya.

Penyebab Luka Lecet (Blisters)
Blisters atau kulit yang melepuh seringkali disebabkan oleh gesekan terus menerus antara kulit dan benda yang kasar dan dapat terjadi di unsur tubuh manapun. Percaya atau tidak, blisters ini sebetulnya baik untukmu, ladies! Sebab, para berpengalaman mengatakan bahwa blisters adalahsalah satu format self defense yang dilaksanakan kulitmu supaya tidak merasakan luka yang lebih serius dan lebih terasa sakit tentunya. Self defense ini berupa dikeluarkannya suatu cairan untuk mengisi ruang yang terlalu tidak jarang tergesek tersebut sampai membentuk suatu bantalan mengandung cairan yang biasa anda sebut dengan kulit yang melepuh.

Cara Mengatasi Luka Lecet
Luka lecet di unsur belakang dan samping mata kaki memang menjadi urusan yang paling menganiaya saat anda berencana melakukan kegiatan yang membutuhkan tidak sedikit jalan kaki. Untuk menanggulangi luka lecet, para berpengalaman menyarankan guna mengaplikasikan lip balm pada blisters. Lip balm dapat mengurangi resiko gesekan yang mengakibatkan blister semakin perih, bahkan sampai pecah dan menerbitkan cairan lengket. Tapi ingat, andai menggunakan lip balm, anda harus memilih produk yang alami dan sebisa barangkali hindari produk yang berisi warna sebab akan mempunyai resiko menimbulkan iritasi pada kulitmu. Cara kedua ialah dengan selalu membawa kasa steril (sejenis plester yang tercipta dari kain lembut) di sakumu andai kamu merencanakan guna melakukan kegiatan yang membutuhkan tidak sedikit gerak.

Jika anda tidak membawa lip balm ataupun kasa steril dan benar-benar telah tidak kuat menyangga perih, diamlah sebentar untuk memakai apapun yang terdapat di sekitarmu, laksana tissue, kapas, atau apapun yang lembut yang dapat mengurangi gesekan pada unsur yang ada luka lecet.

Jika anda baru menyadarinya luka lecet ketika sudah dalam situasi pecah dan menerbitkan cairan lengket dengan perih yang tak tertahankan, kamu dianjurkan untuk membasuh kakimu dengan memakai sabun secara lembut dan hati-hati. Setelah itu, siapkan bukumedis.com/ baskom mengandung air hangat dan masukkan 5 sendok santap garam dapur ke dalamnya. Rendam kakimu ke dalam baskom tersebut sekitar 15 menit. Angkat kakimu dan keringkan dengan memakai handuk lembut, kemudian semprotkan cairan anti bakteri atau alkohol. Langkah terakhir ialah dengan membalutnya memakai perban atau kasa steril. Cara ini akan paling menyakitkan, tapi paling efektif untuk menanggulangi luka lecet kamu.

Mencegah Luka Lecet
Sebenarnya blisters dapat dicegah dengan cara-cara sederhana, seperti:

Jangan memakai sepatu baru saat anda berencana melakukan kegiatan yang berat.
Jika anda tahu bahwa sepatumu tidak pas ukuran namun sangat hendak memakainya, pastikan anda membawa flat shoes kesayanganmu sebagai ganti di masa-masa yang memungkinkan.
Jika anda sangat hendak menggunakan heels yang mempunyai resiko menimbulkan blisters, tidak boleh lupa untuk memakai kaus kaki tipis atau stocking untuk meminimalisir pergesekan kulit dan sepatumu.

Pilih sepatu dengan bahan yang nyaman digunakan dan ukuran yang pas.

Baca Juga :